Guru Membangun Indonesia Emas (Memperingati Hari Pahlawan 2021)

Oleh : Zainul Arifin, S.H *)

Melansir situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos), tema Hari Pahlawan 2021 “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”. Ya, Indonesia hari ini butuh inspirasi untuk menggapai Indonesia Emas yang mana saat itu terjadi usia rata-rata penduduk Indonesia di dominasi usia produktif.

Agar terwujud Indonesia Emas yang produktif, berdayaguna, dan mampu bersaing di era global tentunya guru harus menjadi kunci sukses reformasi sistem pendidikan dan membangun tatanan sosial yang ideal dengan perkembangan zaman agar generasi penerus menyempurnakan perjuangan generasi sebelumnya. Jadi yang diharapkan bukan sekadar guru yang baik dan berkualitas “apa adanya”, tetapi juga guru yang mempunyai kemauan untuk berinovasi melakukan perubahan dan menginisiasi setiap gerakan perubahan di tataran akar rumput.

Baca juga :

SEMANGAT HUMANISME SANTRI – PAHLAWAN SANTRI RESOLUSI JIHAD

Hal itu sejalan dengan kesejarahan maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa-negara dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa cinta serta kebangggaan sebagai bagian dari Indonesia. Seorang guru harus mampu membangun kesadaran kolektif tentang perjuangan dan pengorbanan.

Kemensos juga membuat logo simbolis untuk peringatan Hari Pahlawan 2021, logo tersebut mengandung sejumlah makna, dengan penjabaran sebagai berikut:

Bambu runcing: Bambu runcing merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan menghadapi kolonialisme.

Menolong: Pahlawan merupakan orang yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. Pahlawan adalah sosok yang senang dalam menolong orang lain.

Buku: Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi sekarang bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

Bendera berkibar: Bendera merah putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang kita harus jaga dengan mewujudkan tujuan bernegara: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Kepalan tangan: Kepalan tangan merupakan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Adanya kesadaran kolektif para guru (dan masyarakat) bahwa perjuangan untuk menggenapi tujuan dari Pancasila Sila kelima harus tetap kita upayakan dan konsistensi dalam berjuang mewujudkannya harus dapat bersinergi dengan perkembangan zaman yang dinamis, demi generasi penerus Indonesia. Selamat memperingati Hari Pahlawan, duhai pahlawanku inspirasiku.

Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!

*) Waka. Kesiswaan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

2 Replies to “Guru Membangun Indonesia Emas (Memperingati Hari Pahlawan 2021)”

Leave a Reply

Your email address will not be published.