MTs. Miftahul Ulum 2 Jalin Kerjasama dengan Penerbit Literasi Nusantara Malang

Pembudayaan literasi di lingkungan MTs. Miftahul Ulum 2 hingga terwujud menjadi sebuah karya berupa dua buku (Semicolon dan Kata Hubung) telah mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Mumbai dari internal lingkungan Yayasan Miftahul Ulum, Kementerian Agama Kabupaten Lumajang hingga Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd dalam rapat terbatas memutuskan untuk perlunya menjalin kerjasama dengan penerbitan buku agar dapat meng-handle keperluan penerbitan karya di waktu mendatang.

Tepat di hari pertama bulan Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022, MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang kembali melakukan Perjanjian Kerjasama dengan pihak eksternal madrasah. Setelah bulan Juli sebelumnya, menjalin kerjasama dengan media online nasional publi.id, kali Madrasah membangun kemitraan dengan Penerbit Literasi Nusantara Malang.

Penandatangan dokumen kerjasama dilakukan di Kantor Penerbit Literasi Nusantara Malang yang beralamatkan Perumahan Puncak Joyo Agung Residence Kav. B11 Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Senin (01/08/22).

Serah terima MoU diberikan langsung oleh Sarohmad Direktur Penerbit Literasi Nusantara kepada Abdul Rozaq yang juga sebagai Guru BK MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid. Hadir mendampingi Nur Azizah Ketua Editor, Ulin Nuha Layouter dan Evi Herawati, Admin Kuangan.

Menurut Abdul Rozaq, S.Sos yang mewakili kepala madrasah dalam serah terima Naskah MoU tersebut mengatakan bahwa Kerjasama ini merupakan salah satu bagian tindak lanjut setelah MTs. Miftahul Ulum 2 menerbitkan dua buku karya siswa dan guru bulan Juni kemarin melalui Penerbit Literasi Nusantara.

Nota kesepahaman ini ruang lingkupnya ada pada ranah pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Nur Azizah yang menjabat sebagai kepala editor pihak Literasi Nusantara menyebut bahwa madrasah berfungsi mencetak sumber daya manusia yang terpelajar, mereka yang terpelajar identik dengan membaca atau menerbitkan buku, kemudian buku-buku yang dibaca maupun diterbitkan itu pastilah berisikan ilmu pengetahuan. Hal inilah yang mendasari klausa MoU agar ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh civitas madrasah dapat memberikan manfaat sebagai bentuk tanggung jawab moral untuk pengabdian kepada masyarakat

Dihubungi secara terpisah, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengatakan bahwa kerjasama ini untuk mendukung program literasi madrasah; pada pembuatan dan penerbitab buku serta meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah. Mantan Kepala Perpustakaan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul ini juga menambahkan pihaknya akan berikhtiar akan ada buku yang terbit setiap tahun dari MTs. Miftahul Ulum 2 baik dari guru dan siswa.

“Semoga dengan kerjasama ini, civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Guru, siswa, dan stafi siswa semakin bersemangat untuk menulis dan berkarya” harapnya “Kami akan berusaha akan ada karya buku setiap tahun dari madrasah ini” imbuhnya

2 Replies to “MTs. Miftahul Ulum 2 Jalin Kerjasama dengan Penerbit Literasi Nusantara Malang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *