Merawat Mutu Madrasah dengan P5 (Refleksi Harlah MTs Miftahul Ulum 2 Ke 5)

Oleh : Husen, S.Pd.I *)

Tepat tanggal 29 Mei 2024, MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul sudah berumur lima tahun. Di umurnya yang masih dalam proses pertumbuhan ini, kita patut bersyukur karena sudah banyak capaian dan torehan prestasi yang telah dicapai madrasah yang kita cintai ini, baik prestasi kelembagaan maupun prestasi personal mulai dari kepala madrasah, guru, Tata Usaha dan peserta didiknya.

Secara kelembagaan, MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid telah mengukir sejarah baru dalam dunia pendidikan khususnya di Jawa Timur. Madrasah yang kita cintai ini menjadi madrasah pertama di Provinsi Jawa Timur yang dalam akreditasi perdananya langsung terakreditasi A berpredikat (Unggul) dengan nilai 92. Pada tahun 2023, MTs. Miftahul Ulum 2 juga ditetapkan sebagai Madrasah Terbaik Ill Kategori Madrasah Inovatif tingkat Kabupaten Lumajang. Pada tahun berikutnya pada puncak peringatan HAB Kementerian Agama 3 Januari 2024, MTs Miftahul Ulum 2 kembali ditetapkan menjadi Madarasah inovatif Tingkat Kabupaten Lumajang dan naik peringkat ke peringkat kedua.

Baca Juga

LENGKAPI KADO HARLAH KE-4, GURU DAN TENDIK MTS. MIFTAHUL ULUM 2 TERBITKAN DUA BUKU

Di Tahun 2021, kepala madrasah pertama Periode 2019-2023, ditetapkan sebagai salah satu dari 30 kepala madrasah Tsanawiyah berprestasi tingkat nasional dalam ajang Madrasah Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. DI Tahun yang sama, dua peserta didik MTs Miftahul Ulum 2 masuk nominasi 50 besar pada ajang lomba penelitian ilmiah tingkat Nasional siswa madrasah atau yang dikenal dengan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES). Di samping itu, di tahun 2021, MTs Miftahul Ulum 2 juga mengukir sejarah menjadi Juara 2 Olimpiade PAl tingkat Jawa Timur, Juara 2 Lomba Syarhil Qur’an tingkat Nasional. Terhitung sejak 2021 hingga 2023 sudah tercatat 109 prestasi siswa baik bidang akademik maupun non akademik mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Teruslah Berkolaborasi untuk Berkarya, Berinovasi dan Berprestasi.

Sedangkan Prestasi Guru tercatat ada 12 prestasi. Salah satunya adalah satu guru (Guru Fikih) terpilih mendapatkan beasiswa LPDP Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama RI untuk jenjang pendidikan doktoral (S3) di UIN Sunan Ampel Surabaya. Di samping itu, Guru Bahasa Indonesia MTs Miftahul Ulum 2 juga mendapatkan beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI pada jenjang Magister (S2) di Universitas Negeri Malang. Guru Bahasa juga berhasil mendapatkan beasiswa dan kesempatan melanjutkan ke jenjang Magister dengan gratis di Universitas Al-Falah As-Sunniyah (UAS) Jember. Guru IPS kita juga dalam proses tesis di UNEJ Jember.

Baca Juga

Sebagai bagian dari keluarga besar MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, kita patut bersyukur dan bangga atas capaian-capaian di atas. Namun demikian kita boleh lengah dan jumawa atas prestasi tersebut. Raihan dan capaian ini perlu dipertahankan bahkan harus ditingkatkan baik dari aspek kualitas maupun kuantitas. Di bawah kepemimpinan yang baru, kita harus lebih giat dan lebih bersemangat lagi untuk memberikan yang terbaik untuk madrasah yang kita cintai ini. Madrasah ini harus lebih baik, lebih maju, lebih berkualitas dan lebih unggul daripada periode sebelumnya; sehingga kita tidak termasuk dalam golongan hadis diriwayatkan dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib oleh Az-Zarqani dalam Kitab Mukhtasar Al-Maqashid.

مَنِ استوى يوماهُ فهوَ مغبونٌ ، ومَنْ كان آخرُ يوميهِ شرًا فهوَ ملعونٌ ، ومَنْ لمْ يكنْ على الزيادةِ فهوَ في النقصانِ . ومَنْ كان في النقصانِ فالموتُ خيرٌ لهُ ، ومَنِ اشتاق إلى الجنةِ سارع إلى الخيراتِ. (أخرجه الديلمي في الفردوس)

“Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka. Barang siapa yang tidak bertambah (kebaikannya) maka dia berada dalam kekurangan. Barang siapa yang (kebaikannya) dalam kekurangan, maka kematian lebih baik baginya. Dan barang siapa yang merindukan surga, maka hendaklah dia bersegera (berlomba-lomba) kepada kebaikan” (HR Ad-Daylami)

Tulisan ini bukan bermaksud untuk mengkritik siapapun. Tulisan ini hanya sekedar catatan pribadi dan refleksi diri selaku bagian dari civitas MTs Miftahul Ulum 2 di moment spesial yakni Harlah yang ke-5 Semoga catatan kecil ini bisa dijadikan salah satu evaluasi dan ikhtiar untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah yang kita cintai ini.

Merawat Mutu Madrasah dengan 5P (Penampilan, Profesionalisme, Pelayanan, Prestasi dana Publikasi)

1. Penampilan

Madrasah harus menjadi sekolah yang enak dipandang mata. Banyak orang yang terpesona karena penampilan sebuah lembaga pendidikan. Gedung yang rapi, gedung yang indah, gedung yang asri penuh dengan tanaman hijau, dan gedung yang penuh dengan kebersihan. Orang yang melihat penampilan gedung seperti di atas akan membuat mereka tertarik untuk memasukkan anaknya ke sekolah kita.

Di samping itu, sekolah juga mampu menampilkan SDM yang betul-betul berwibawa; mulai dari kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan dan seluruh karyawan.

2. Profesionalisme

Profesionalisme merupakan faktor utama dan faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Seiring dengan tuntutan perkembangan zaman, profesionalisme SDM menjadi landasan yang tak tergantikan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program-program pendidikan.

Menjadi guru adalah salah satu profesi dari sekian banyak profesi yang sudah kita pilih dan kita tentukan. Karena itu, selayaknya kita bisa memantaskan diri agar kita pantas disebut guru yang profesional. Agar kita disebut sebagai guru yang handal yang memiliki kemampuan basic yang kuat.

Guru yang hebat bukan hanya sekedar mengajar tetapi juga menginspirasi dan memfasilitasi murid-muridnya untuk berkembang dan meningkatkan kualitas dan potensi dirinya.

3. Pelayanan

Meningkatkan mutu dan kualitas madrasah melalui pelayanan prima merupakan sebuah upaya yang berkelanjutan yang harus dilakukan oleh semua civitas madrasah.

Pelayanan prima merupakan tindakan atau upaya yang dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang dilakukan.

Dalam dunia pendidikan, pelayanan dapat dimulai dengan meningkatkan pelayanan kualitas proses pendidikan. Yang kedua adalah meningkatkan infrastruktur pendidikan dan yang ketiga adalah meningkatkan pelayanan kepada orang tua dan masyarakat umum. Dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan kualitas manajemen madrasah.

Para pengelola lembaga pendidikan harus senantiasa berusaha untuk meng-upgrade diri meningkatkan potensi dan kompetensi sehingga mampu menerapkan manajemen sekolah berbasis mutu yang efektif dan efesien; meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dan mencari inovasi-inovasi dalam rangka memajukan Lembaga pendidikan yang ia pimpin.

MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul sebagai sebuah lembaga pendidikan berbasis pesantren sayogyanya dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan tepat, ramah dan santun, informatif, responsif, inovatif, transparan, terintegrasi, berkualitas dan berkelanjutan.

4. Prestasi

Prestasi sebuah lembaga pendidikan merupakan kebanggaan. Banyaknya prestasi menjadi salah satu indikator mutu dan kualitas sebuah lembaga pendidikan. Madrasah berprestasi terbentuk dari guru-guru yang berprestasi. Guru yang berkualitas dan berprestasi akan melahirkan anak-anak yang berprestasi pula. Oleh karena itu, guru dan peserta didik yang berprestasi sangat layak mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari madrasah. Dengan demikian para guru dan peserta didik lainnya diharapkan semakin termotivasi untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan berprestasi. Begitu juga bagi guru-guru dan peserta didik yang lain.

Prestasi akademik maupun non-akademik tentu sangat baik dan bisa berdampak positif terhadap penilaian terhadap madrasah. Semakin banyak prestasi yang diraih oleh madrasah, maka akan semakin naik pula penilaian terhadap madrasah. Madrasah mungkin akan dicap sebagai madrasah yang unggul dan berkualitas, sehingga trust masyarakat akan semakin tinggi pula. Namun demikian, madrasah sebagai sebuah lembaga pendidikan keagamaan, prestasi-prestasi yang melimpah tidak akan ada gunanya apabila tidak diiringi dengan prestasi ibadah dan akhlak al-karimah. Sebagaimana yang ditulis penyair Arab Ahmas Syauqi

إنما الأمم الأخلاق ما بقيت * فإن هم ذهبت أخلاقهم ذهبوا

Keutuhan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas akhlaknya, apabila akhlaknya buruk maka bangsa itu akan sirna.

Berangkat dari inilah alasan dan landasan mengapa di Visi MTs Miftahul Ulum 2 tercantum Unggul dalam IMTAQ, IPTEK & AKHLAKUL KARIMAH

5. Publikasi

Mempublikasikan kegiatan madrasah melalui media online memiliki beberapa manfaat. Tidak hanya bagi pihak madrasah itu sendiri, namun juga bagi masyarakat luas yang memerlukan informasi lebih tentang lembaga dan dunia pendidikan. Bahkan postingan di media madrasah saat ini sudah menjadi cerminan madrasah. Semakin berkualitas postingan madrasah, maka akan menilai madrasah tersebut berkualitas.

Kita patut bersyukur karena MTs. Miftahul Ulum 2 yang kita banggakan ini sudah memiliki media madrasah yang lumayan lengkap, aktif dan selalu update; mulai dari website madrasah dan media sosial (Facebook, YouTube, Instagram, TikTok, Twitter/X dan Telegram).

Di samping mempublikasikan kegiatannya madrasah, media madrasah MTs Miftahul Ulum 2 juga dijadikan sebagai sarana untuk membangun budaya literasi bagi warga madrasah. Para guru dan siswa diharapkan dapat mengungkapkan ide-ide dan gagasannya dalam sebuah tulisan yang dipublikasikan di media madrasah.

Ikhtiar dan usaha branding madrasah literasi yang digagas oleh kepala madrasah pertama ini tidak sia-sia. Tahun 2022 MTs Miftahul Ulum 2 telah berhasil menerbitkan dua buku ber-ISBN. Satu buku hasil kolaborasi guru dan satu buku merupakan hasil kolaborasi siswa. Di tahun 2023 tepat moment pada Harlah Madrasah yang ke-4, MTs. Miftahul Ulum 2 berhasil mempersembahkan kado 5 buku yang juga ber-ISBN. 2 Buku Karya Guru (Probabilitas dan Saktah), 2 buku karya siswa-siswi (Menabulasi Diksi dan Sendi Kata) dan 1 buku persembahan kepala Madrasah yang berjudul Berdoa Bersama Rasulullah Saw). Di samping itu, tulisan ilmiah dua guru juga berhasil tembus ke Jurnal ilmiah Kampus yang telah terakreditasi.

Di bidang multimedia, setidaknya film pendek yang diproduksi oleh guru dan siswa pernah juara 3 film Pendidikan tingkat nasional. Para guru dan staf juga mempernah membuat film edukasi tentang keselamatan berlalulintas yang digelar Korlantas Polda Jatim. Di samping itu, madrasah ini sudah sukses merilis 12 lagu cover shalawat yang sudah ditonton ribuan kali di kanal YouTube Madrasah.

Semoga mimpi MTs Miftahul Ulum 2 memiliki kelas unggulan khusus Literasi, kelas riset dan kelas multimedia alam segera terwujud. Amin ya Rabbal Alamin

Selamat Harlah Madrasahku. Semoga Terus Istiqamah Merawat Mutu. Teruslah Berkolaborasi untuk Berkarya, Berinovasi dan Berprestasi.

*) Waka. Kurikulum MTs Miftahul Ulum 2 Bakid

Leave a Reply