Lengkapi Kado Harlah Ke-4, Guru dan Tendik MTs. Miftahul Ulum 2 Terbitkan Dua Buku

Hari Lahir MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul yang pada 29 Mei 2023 tepat berusia empat tahun selain mendapatkan kado dua buku terbitan dari siswa-siswinya dan satu buku tulisan kepala madrasah juga memperoleh hadiah dua buku yang diterbitkan dari hasil kolaborasi tenaga kependidikannya.

Judul buku pertama “Probabilitas” dengan ISBN (International Standard Book Number) 978-623-09-4814-5 dan buku kedua berjudul “Saktah” yang ber-ISBN 978-623-09-5053-7. Sebelumnya, dua karya siswa berjudul “Sendi Kata” jenis karya-karya cerita pendek dan satu lagi berjudul “Menabulasi Diksi” jenis karya puisi berhasil diterbitkan. Turut pula kepala madrasah yang menyumbang karya bukunya, jadi di Tahun 2023 ini ada lima buku karya civitas madrasah.

Di Harlah Ke-4 MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid tahun depan Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd menargetkan beberapa guru dapat menerbitkan buku atas namanya sendiri seperti yang telah ia lakukan. Jika dalam proses pembuatan buku tersebut membutuhkan pembiayaan akan ada bantuan dari pihak madrasah sebagai bentuk dukungan akan “Budaya Gerakan Literasi Madrasah”.

“Jika dua tahun ini tenaga kependidikan berkolaborasi menciptakan karya tulis sehingga dapat dibukukan, maka di tahun depan saya memimpikan ada dari guru-guru ini yang berkemauan untuk menerbitkan buku atas namanya sendiri. Tidak perlu memikirkan tentang pembiayaan jika memang dalam prosesnya membutuhkan biaya untuk riset atau akomodasi lainnya karena kami dari manajemen sudah mengalokasikan hal tersebut sebagai bagian dari budaya literasi madrasah dan pengembangan guru”, ucap beliau.

Pembudayaan literasi ini menurut Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi yang diamanatkan untuk melaksanakannya menyebut jika faktor utama dalam gerakan ini adalah pembiasaan yang dilakukan berulang-ulang. Pembiasaan itu berupa membaca dan menulis. Akan tetapi, kegiatan ini membutuhkan diskursus untuk mengkritisi bahan bacaan sehingga mendapatkan satu insight karya tulis. Diskursus inilah yang harus dibudayakan dan dilatih oleh tenaga kependidikan (guru-staf) kepada siswa. Jika hal ini terlaksana, yang akan dilakukan hanyalah merevisi tulisan-tulisan yang masuk ke meja editor.

Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tanggung jawab moral untuk memproduksi pengetahuan, kami memohon doa agar Gerakan Literasi Madrasah yang berusaha kami giatkan ini dapat istiqomah dan mampu (walaupun secara tak langsung) dapat mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi sekiranya berkenan untuk menambah koleksi bacaan dari kelima buku terbitan civitas madrasah, kami membuka purchasing order (PO) untuk pengadaan buku-buku tersebut. Mengenai harga dan hal lainnya dapat menghubungi kontak person yang ada di website madrasah maupun media sosial resmi kami.

One Reply to “Lengkapi Kado Harlah Ke-4, Guru dan Tendik MTs. Miftahul Ulum 2 Terbitkan Dua Buku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *