Focus Group Discussion (FGD) Edisi Mei 2022

Sabtu (28/05/22) Focus Group Discussion (FGD) bulanan Edisi Mei 2022 kembali diadakan oleh civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul seperti halnya bulan-bulan sebelumnya. Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd didampingi Waka Kurikulum Amang Philips Dayeng P, S.Sos membuka FGD seusai KBM menyampaikan hal-hal teknis terkait pelepasan siswa Kelas IX. Anggota LPTQ Kabupaten Lumajang juga memberi pesan kepada seluruh dewan guru dan staf untuk lebih disiplin menjalankan peran sebagai tenaga kependidikan yang profesional. “Saya berpesan agar seluruh guru dan staf di madrasah ini disiplin, memberikan contoh baik kepada siswa-siswi agar mereka meniru sikap disiplin guru-gurunya” pungkasnya.

Baca juga :

FGD DAN BUKA BERSAMA CIVITAS MTS. MIFTAHUL ULUM 2

Setali tiga uang, Waka Kurikulum di kesempatan ini menekankan agar jurnal kelas, jurnal wali kelas, dan jurnal guru wajib ditulis sesuai dengan fakta yang ditemukan selama proses pembelajaran berlangsung, baik itu pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Jurnal ini sangat penting untuk merekam jejak aktivitas siswa yang berprestasi maupun siswa yang kehilangan motivasi belajar. Di sinilah guru dan wali kelas dituntut untuk disiplin dalam merekam siswa-siswinya melalui catatan-catatan agar segera ada tindakan preventif maupun tindakan solutif.

Selain agenda evaluasi rutinitas KBM, FGD bulan ini juga membahas agenda lain, yang di antaranya: Persiapan PAT, Laporan Kelengkapan Dokumen Akreditasi, Penyusunan Tim MYRES DAN KSM, Persiapan Harlah Madrasah ke-3, serta Pemaparan Konsep Class Meeting dan MATSAMA Tahun Pelajaran 2022/2023 .

Kepala madrasah mempersilahkan Ketua Panitia Penilain Akhir Tahun (PAT) Tahun Ajaran 2021-2022 untuk mempresentasikan kesiapan PAT yang ditujukan untuk siswa Kelas VII dan Kelas VIII. Abdurrahman, S.Pd yang tahun ini bertanggungjawab mensukseskan PAT menyebut segala persiapan telah rampung, hanya tinggal penggandaan soal.

Berikutnya terkait pelaksanaan Akreditasi Madrasah, kepala madrasah meminta waka kurikulum yang juga ditugaskan sebagai Ketua Tim Akreditasi untuk menyampaikan laporan perkembangan kelengkapan dokumen yang diminta pihak BAN S/M. Amang Philips Dayeng P, S.Sos menyampaikan bahwa dokumen-dokumen yang diunggah di laman SISPENA semuanya sudah komplit, sedangkan dokumen yang diminta saat visitasi sedang dalam proses penyempurnaan agar layak untuk disajikan. Kepala madrasah mewanti-wanti agar dokumen khusus visitasi ini jangan mengada-ada, “mohon dalam penyusunan dokumen visitasi ini jangan mengada-ada, tampilkan apa yang ada di lembaga kita selayaknya dokumen yang diunggah di SISPENA kemarin itu. Saya tetap akan check setiap dokumen agar sesuai dengan kenyataan yang ada” tutur Sahroni.

Kepala madrasah dalam hal ini terjun langsung dan turut serta menjadi bagian dari tim panitia, entah itu melengkapi dokumen, berkonsultasi dengan pengawas madrasah, maupun berperan sebagai quality control sebelum dokumen-dokumen tersebut diunggah di SISPENA. Ketua Panitia Akreditasi memotivasi semua anggota tim untuk jangan kendor semangatnya demi suksesnya akreditasi. “Saya meminta bantuan rekan-rekan agar jangan kendor, selangkah lagi madrasah ini akan mendapatkan status akreditasi. Semoga apa yang kita ikhtiarkan dan kita upayakan sesuai dengan harapan. Saatnya kita memberikan yang terbaik untuk madrasah yang kita cintai ini” tegas Amang.

Beranjak ke sesi berikutnya, tim literasi yang sebelumnya tergabung di WAG maupun Telegrram panitia MYRES 2021 dan KSM 2021 diundang untuk kembali berpartisipasi mengikuti MYRES dan KSM tahun ini. Kepala madrasah langsung menunjuk tim literasi yang dikomando Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi untuk mengakomodir segala persiapan pembina maupun peserta terkait Madrasah Young Researchers Supercamp  (MYRES) 2022. Sedangkan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, kepala madrasah menunjuk Muhammad Ismail, S.Pd sebagai koordinator tim pembina agar segera menyeleksi siswa-siswi yang akan menjadi kontingen madrasah.

Sebagai penutup, forum mempersilahkan Panitia Hari Lahir MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid melaunching logo, tema, dan twibbon. Kemudian mendengar pemaparan konsep Matsama dari panitia yang diperuntukkan untuk siswa baru dan Class Meeting di jeda kenaikan kelas. Tidak ada sanggahan dalam pemaparan konsep kali ini, karena di FGD berikutnya akan diberikan rekomendasi-rekomendasi terkait dua kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.