Trofi Juara Ke-3 Madrasah Prestasi Kategori Madrasah Inovatif Berhasil Direngkuh MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

Rabu (18/01/23), Selamat berprestasi, ucapan itu sepatutnya diungkapkan kepada civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid terutama kepada kepala, manajemen, dan guru maupun staf madrasah karena dinyatakan berhasil berinovasi dalam hal pelayanan kependidikan.

Pemberian trofi event Madrasah Prestasi dalam rangka Hari Amal Bhakti Ke-77 Kementerian Agama diselenggarakan di Pendopo Arya Wiraraja. Disaksikan oleh Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML, Wakil Bupati Ir. Hj. Indah Amperawati Masdar, M.Si, Kepala Kantor Kemenag Kab. Lumajang Dr. H. Muhammad Muslim, M.Sy. dan Kabag TU Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Dr. H. Nawawi, M.Fil.I serta ketua-ketua majelis kehormatan moderasi beragama Kab. Lumajang, forkopimda dan tamu undangan lainnya, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd menerima trofi juara ketiga untuk kategori Madrasah Inovatif.

Baca Juga

STRUKTURAL MADRASAH HADIRI RESEPSI HARI AMAL BHAKTI KE-77 KEMENTERIAN AGAMA KAB. LUMAJANG

Penghargaan ini tidak berlebihan jika melihat progresifitas perubahan-perubahan yang dilakukan manajemen madrasah maupun tenaga kependidikan misalnya dalam pemanfaatan teknologi informasi maupun gerakan literasi di kalangan civitas madrasah. Lebih dari itu, masyarakat dapat secara jujur melihat perkembangan mutu madrasah dari media sosial madrasah dan website madrasah bahwa madrasah pimpinan Ustadz Sahroni step by step beranjak secara pasti from zero to standart of government.

Dan benar memang, jika bertanya langsung kepada kepala madrasah maka sudah barang tentu jawaban yang terlontar adalah apa yang dilakukan manajemen madrasah merupakan upaya agar madrasah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah. Namun, bagi yang dekat maupun memantau madrasah yang bertagline “Madrasah Multimedia & Literasi” ini jawaban dari beliau hanyalah kerendahan hati, yang sejatinya standar tersebut sudah diakui dengan akreditasi berpredikat unggul.

Malam Resepsi HAB Ke-77 bertajuk “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat” itu dari kalangan internal madrasah mendampingi kepala madrasah, yaitu Waka Kesiswaan Zainul Arifin, S.H, Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi, Bendahara Kawakib Nurul J, S.H, Konselor Abdul Rozaq, S.Sos, Pembina Ekskul Pidato Mahrus Ali, S.H, Pembina Ekskul Literasi Jamhuri, S.H, Pembina Ekskul Multimedia Misbahul Anwar, S.H, dan Guru IPS Abdul Hamid, S.Pd yang tengah mendalami materi moderasi beragama agar gerakan ini turut pula dapat diejawantahkan dalam program madrasah.

Dihubungi via WhatsApp Messenger oleh tim redaksi sesaat setelah foto-foto penganugerahan tersebut ada di WhatsApp Grup (WAG Madrasah), Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd mengungkapkan bahwa madrasah harus dapat menggali ide-ide/gagasan baik itu berupa jasa (program-program) maupun barang (sarpras) atau metode-metode pembelajaran yang dapat diterima manfaatnya oleh peserta didik, entah itu hasil dari intervensi (pengkondisian, ujicoba hal baru) bahkan bisa juga dari hasil discovery (penemuan yang melibatkan hasil penemuan sebelumnya) yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan serta memecahkan masalah-masalah yang ada pada dunia pendidikan hari ini.

Baca Juga

ALHAMDULILLAH, MTS. MIFTAHUL ULUM 2 JUARA TERBAIK III MADRASAH INOVATIF TINGKAT KAB. LUMAJANG TAHUN 2022

Masih menurut kepala madrasah, kolaborasi antara inovasi dan teknologi dan kolaborasi antar personal tenaga kependidikan dirasakannya sangat membantu untuk belajar lebih banyak dan lebih baik tentang banyak hal dalam memandang dan menerapkan pendidikan dari perspektif beragam disiplin ilmu.

Bagaimanapun, konsep bottom up innovation yang diterapkan oleh Kanwil Kemenag Kab. Lumajang selama proses penilaian lomba telah mengajarkan kepada manajemen madrasah bahwa inovasi dibutuhkan untuk mengurangi masalah-masalah ketidakefektifan dan ketidakefisienan tata kelola yang ada di madrasah. “Melibatkan peran teknologi adalah salah satu cara untuk mewujudkan inovasi pendidikan”, imbuh kepala madrasah mengakhiri obrolan.

Sekali lagi, selamat kami ucapkan untuk kesuksesan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, jangan berhenti berinovasi untuk memberikan pelayanan kependidikan terbaik bagi putra-putri bangsa.

One Reply to “Trofi Juara Ke-3 Madrasah Prestasi Kategori Madrasah Inovatif Berhasil Direngkuh MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *