Tahun 2023 : Dua Karya Buku Karangan Siswa Resmi Terbit

Harapan kepala madrasah dalam Program Literasi Madrasah salah satunya adalah peserta didik mampu berkarya dengan kepenulisan yang kemudian dapat dibukukan. Harapan tersebut di Tahun Pelajaran 2021-2022 telah mewujudkan satu buku karya siswa berjudul “Kata Hubung”.

Kini, di penghujung Tahun Pelajaran 2022-2023 melalui Ekstrakurikuler Literasi, siswa-siswi MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul dengan bangga menelurkan dua karya yang diberi judul “Sendi Kata” jenis karya-karya cerita pendek, sedangkan jenis karya puisi berjudul “Menabulasi Diksi”.

Kedua buku karya siswa ini telah memiliki ISBN (International Standard Book Number) masing-masing, 978-623-09-3474-2 untuk buku “Sendi Kata” dan 978-623-09-3476-6 untuk buku “Menabulasi Diksi”. Adanya ISBN yang tersemat pada karya-karya siswa ini menunjukkan bahwa buku-buku tersebut telah terindeks dalam database Perpustakaan Nasional RI.

Baca Juga

SERAH TERIMA BUKU KARYA CIVITAS MADRASAH KEPADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI LUMAJANG

Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd, menyebut jika terbitnya dua buku karya siswa ini merupakan bukti bahwa peserta didik mampu berkontemplasi untuk mencipta selama ia menjalani proses belajar. Selain itu, dalam konteks manajemen madrasah, kepemimpinan Ustadz Sahroni telah membuktikan kemampuan managerial dengan mewadahi, memfasilitasi, dan mengkaryakan bakat-minat peserta didik.

Hal itu telah beliau sampaikan kepada manajemen saat rapat kerja madrasah maupun di forum internal madrasah (FGD) bahwa MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid setiap tahun bertekad menerbitkan buku karya dari kalangan siswa dan tenaga kependidikannya. Tekad ini pula juga didukung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Perpustakaan Daerah Lumajang, Kasie. Pendidikan Madrasah Kemenag Lumajang, dan Pengawas Madrasah saat kegiatan PKKM III.

Baca Juga

GURU DAN SISWA TERBITKAN DUA BUKU : SEMICOLON DAN KATA HUBUNG

Kedua buku karya siswa ini rencananya akan disusul pula dengan penerbitan buku karya guru yang saat ini sedang diajukan ISBN. Jadi dapat disimpulkan jika buku-buku karya civitas madrasah (tenaga kependidikan dan peserta didik) merupakan penutupan proses pembelajaran Tahun Pelajaran 2022-2023 dan merupakan kado Hari Lahir MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul yang pada 29 Mei 2023 tepat berusia empat tahun.

Mewakili tim redaksi madrasah kami haturkan terima kasih kepada siswa-siswi penulis kedua buku karya ini karena telah menjadi bagian dari sejarah literasi madrasah. Selamat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *