Pembukaan Class Meeting TP.2023-2024 Semester Ganjil: Membumikan Tradisi Islam Nusantara

Sabtu (16/12/2023), civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid Tahun Pelajaran 2023-2024 Semester Ganjil kembali menyelenggarakan class meeting dengan tema “Membumikan Tradisi Islam Nusantara”. Panitia mengalokasikan waktu 4 hari dengan dengan perbedaan kategori perlombaan antara siswa putra dan siswi putri. Karena formatnya kompetisi, hanya beberapa peserta didik yang akan menjadi perwakilan lomba, sedangkan mereka yang tidak mengikuti diberikan pembekalan-pembekalan berkenaan dengan “Program Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin”.

Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd dalam sambutannya di hadapan audien peserta didik dan wali kelas menuturkan bahwa konsep class meeting tahun ini mengacu pada enam ciri utama Pelajar Pancasila adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Selain enam ciri tersebut, Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang memuat sepuluh nilai yang mendasari, yakni: berkeadaban (ta’addub), keteladanan (qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), mengambil jalan tengah (tawassuṭ), berimbang (tawāzun), lurus dan tegas (I’tidāl), kesetaraan (musāwah), musyawarah (syūra), toleransi (tasāmuh), dan dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr) turut menjadi komposisi diadakannya kegiatan ini.

“Anak-anakku, orientasi class meeting ini untuk menumbuhkan semangat kompetisi yang tidak hanya sekedar menjadi yang terbaik, tetapi melatih agar kita mampu menerima kekalahan dengan lapang dada dan tidak jumawa jika berkesempatan menjadi pemenang. Ketua panitia kesehariannya mapel PPKn jadi saya mengharapkan implementasi kurikulum merdeka melalui profil pelajar Pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin dapat diterapkan”, terang kepala yang juga menjadi Direktur Madrasah Diniyah di PP. Miftahul Ulum.

Di aula putra, Waka Kesiswaan Zainul Arifin, S.H yang menjadi pembuka acara menyampaikan bahwa menumbuhkan mentalitas juara mesti dipupuk, “Tanamkan pada diri kalian bahwasanya kalian ini mampu bersaing, bahwa kalian ini juara, sehingga dalam situasi atau kompetisi apapun kalian bersemangat untuk mencoba menenangkannya”. Wakil kepala yang juga berkecimpung di bidang multimedia Yayasan Miftahul Ulum ini mengharapkan peserta didiknya untuk menjadi pelajar moderat yang mampu merawat kebhinekaan.

Abdul Gofur A, S.E selaku ketua panitia menyampaikan terimakasih kepada kepala madrasah, wali kelas, dan peserta didik yang telah mendukung terselenggaranya class meeting. Dirinya berharap nilai-nilai yang didapatkan selama kegiatan dapat terealisasi berkelanjutan pada aktivitas kegiatan belajar mengajar.

Adapun kategori perlombaan, diantaranya: Master of ceremony (MC), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Hafalan Tahlil, Sholawat untuk siswi putri; Pada siswa putra diperlombakan: Bilal Khotbah Jumat, Hafalan Tahlil, Master of ceremony (MC), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ). Pada peserta didik yang tidak mengikuti perlombaan diisi program bimbingan konseling dan program kesiswaan yang materinya masih disandarkan pada profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *