MTQ Kab. Lumajang 2020 : Kepala Madrasah Dewan Hakim MTQ Remaja, TU Juara MTQ Dewasa

Pemerintah Kabupaten Lumajang resmi menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Lumajang ke XXIX Tahun 2020, Rabu (18/11/20). Pembukaan dan pelantikan dewan hakim secara simbolis dilaksanakan di Pendopo Arya Wiraraja Pemkab. Lumajang dan dilantik langsung oleh Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML

Dalam sambutanya, Bupati Lumajang yang akrab dengan panggilan Cak Thoriq tersebut mengharapkan MTQ ini tidak hanya menghasilkan pembaca Al-Qur’an yang baik tetapi mampu melahirkan generasi yang Qur’ani.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML

“Saya berharap, lomba MTQ Tahun 2020 ini mampu menghasilkan kader-kader tilawah, menghasilkan orang-orang yang kompeten dalam Al-Qur’an. Baik tartil, tilawah, hafidz maupun bidang yang lain. Tidak hanya sekedar prestasi, namun juga betul-betul diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kewajiban kita mengamalkan Al Quran,” ucap Cak Thoriq

Pelantikan Dewan Hakim hanya diikuti oleh koordinator masing-masing cabang. Sementara anggota dewan hakim dan panitera langsung menunggu di arena/majelis masing-masing. Hal tersebut disebabkan karena semakin meningkatnya jumlah angka positif covid di Kabupaten Lumajang dalam pekan terakhir.

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 (Dewan Hakim MTQ Golongan Remaja

Hanya ada 2 cabang lomba yang dimusabaqahkan dalam event dua tahunan ini, yaitu Cabang Tilawah dan Tahfidz. Cabang tilawah terdiri dari Tartil, Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, Qira’ah Sab’ah dan Qira’ah Mujawwad. Sementara cabang tahfidz meliputi tahfidz 1 dan 5 juz tilawah, 10, 20 dan 30 juz. Semuanya diikuti oleh putra dan Putri.

Pelaksanaan MTQ dilaksanakan di beberapa titik lokasi. Pendopo golongan tilawah dewasa dan sab’ah. Masjid Al-Kautsar golongan tartil dan tilawah anak-anak. Sedangkan golongan tilawah remaja dilaksanakan di Masjid Agung KH. Anas Mahfudz Alun-alun Barat Lumajang.

Rapat Dewan Hakim MTQ Golongan Remaja

Tampak ratusan peserta delegasi 21 kecamatan se Kabupaten Lumajang memberikan penampilan terbaik di hadapan dewan hakim masing-masing golongan demi membawa nama baik daerah masing-masing.

Tidak seperti biasanya, Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd yang biasanya bertugas menjadi anggota dewan Hakim cabang MFQ, kali ini mendapatkan tugas baru, yaitu menjadi anggota dewan Hakim golongan remaja bersama 6 dewan hakim lainnya. Keenam dewan tersebut antara lain : KH. Shobar Iman Lutfi (Koordinator), Anggota KH. Achmad Syaikho, S.Ag., MA, KH. Zubayri Badli, S.Pd.I,. Sahroni, S.Pd.I., M.Pd., Ikhwanul Muttaqin, M.Pd.I, dan KH. Nur Kholis Adnan serta dibantu 2 orang panitera : Ustadz Hariyadi dan ustadz Juwari.

Abdul Wafi Hasan TU MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul (Peserta MTQ Golongan Dewasa)

Dalam waktu yang bersamaan, salah satu staf Tata Usaha MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Abdul Wafi Hasan juga ambil bagian dalam ajang MTQ Kabupaten Lumajang tersebut. Pria yang akrab disapa Wafi ini menjadi peserta Tilawah Golongan Dewasa yang dilaksanakan di Pendopo Arya Wiraraja. Walaupun harus bersaing dengan qari’-qari’ yang lebih senior dan lebih pengalaman di tingkat Jawa Timur, TU MTs. Miftahul Ulum 2 tersebut masih masuk dalam 6 besar.

“Alhamdulillah saya juara harapan 3.” tutur Abdul Wafi Hasan usai pengumuman kejuaraan kepada tim redaksi www. mtsmu2bakid.sch.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *