Mahasiswa Pascasarjana UIN KHAS Jember Angkat Penelitian Tesis Gerakan Literasi MTs. Miftahul Ulum 2

Rabu (4/1/2023), Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid kembali menjadi perbincangan. Bertempat di Ruang Ujian Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Sahroni, S.Pd.I, M.Pd dibedah peranannya dalam pengembangan budaya literasi madrasah.

Adalah Achmad Fauzi, mahasiswa pascasarjana UIN KHAS Jember yang mengangkat judul tesis “Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang” sehingga nama Ustadz Sahroni (sapaan akrab kepala madrasah) disebut di ruang ujian. Diketahui dari flayer yang didapat dari kolega sesama akademisi, penguji utama dari penelitian tersebut, yaitu Dr. Hj. St. Rodiyah, M.Pd., Pembimbing I Dr. H. Khotibul Umam, MA dan Pembimbing II Dr. Rusydi Baya’Gub, S.Ag, M.Pd.I.

Baca Juga

KEPALA MADRASAH TERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA PENELITIAN SKRIPSI DI MTS. MIFTAHUL ULUM 2

Sontak info tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi civitas madrasah. Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd disinggung mengenai peran kepala madrasah yang dalam hal ini tentang dirinya sendiri berkomentar merendah diri, menurut kepala madrasah yang mampu mengantarkan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid berpredikat unggul ini dirinya bukanlah superman, ia tidak akan mampu berbuat banyak jika tidak ada dukungan dari banyak pihak. Ia beranggapan bahwa untuk mensukseskan gerakan literasi adalah tugas bersama sesuai amanat undang-undang pendidikan dan tugas ini bagian dari tanggung jawab moral seluruh anak bangsa agar terlepas dari belenggu kebodohan dan keterbelakangan.

Selain membedah peranan kepala madrasah, diketahui juga website madrasah menjadi bahan perdebatan ilmiah di ruang ujian tersebut karena website madrasah yang bagian dari media teknologi informasi, masih satu benang merah dengan gerakan literasi maupun peran kepala madrasah. Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi berpendapat mengenai penelitian tersebut bahwa apresiasi dari pihak eksternal atas istiqomah gerakan literasi madrasah ini seyogyanya dapat memberikan umpan balik positif kepada internal madrasah agar dapat meningkatkan karya di bidang literasi, terlebih karya-karya ilmiah dan karya tulis yang mengangkat tema mengenai pembelajaran baik itu modul ajar dan lain sebagainya.

Lebih lanjut alumni Psikologi Unmer Malang ini menjelaskan terkait dengan karya tulis, bahwa Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang dikomandani Zainal, M.Pd dan A. Hafidz Abdullah, M.Pd tengah mengembangkan buletin yang satu diantaranya isinya adalah hasil penelitian siswa-siswi yang pernah mengikuti event MYRES. Dengan begitu, buletin itu nantinya juga sebagai wadah elaborasi gerakan literasi madrasah. Karena sudah dua tahun siswa madrasah ini mengikuti event MYRES dan ada 14 proposal penelitian yang didapatkan tetapi belum pernah dipublikasikan, oleh karenanya buletin madrasah yang direncanakan terbit per semester ini layak sebagai media publikasi ilmiah civitas madrasah.

Mewakili civitas madrasah, kami sampaikan terimakasih kepada saudara Achmad Fauzi Mahasiswa Pascasarjana UIN KHAS Jember yang telah mengangkat budaya literasi di MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, semoga ujian proposal tesis itu disetujui dan dengan senang hati madrasah kami menerima sebagai bahan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *