Kepala Kemenag Lumajang Monitoring Pelaksanaan ANBK di MTs. Miftahul Ulum 2

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Dr. H. Muhammad Muslim, M.Sy di dampingi oleh ketua Pokjawas Ruli Widayadi, SAg., MA. melakukan monitoring pelaksanaan ANBK MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul pada hari kedua, Selasa (19/09/23). Tiba pada jam 10.30 wib di madrasah, Kepala Kemenag Lumajang yang akrab disapa Cak Muslim ini disambut langsung oleh Kepala Madrasah, para wakil kepala dan panitia pelaksana ANBK.

Baca Juga

SERENTAK, MTS. MIFTAHUL ULUM 2 LAKSANAKAN ANBK 2023

Sebelum melihat langsung ke lokasi pelaksanaan ANBK, pengawas bina menjelas sedikit profil perjalanan MTs. Miftahul Ulum 2 sejak berdirinya hingga beliau mendapatkan tugas untuk menjadi pengawas di MTs. Miftahul Ulum 2 sejak September 2022 setahun yang silam. Setelah melakukan obrolan santai di kantor, kepala Kemenag dan pengawas pun langsung menuju ruang pelaksanaan ANBK Putra di lantai 3 gedung terpadu.

Pejabat nomor satu di lingkungan Kemenag Kab. Lumajang itu mengucapkan terimakasih kepala madrasah dan jajarannya yang secara bertahap dan istiqamah mampu meningkatkan layanan pendidikan baik dari segi pengadaan perangkat dan sarana pembelajaran maupun pengembangan kualitas guru. Di sampaikan pula oleh beliau saat berada di ruang multimedia lantai 3 tempat ANBK dilaksanakan, bahwa siswa harus terus dibiasakan menggunakan perangkat IT sebagai bekal mereka dewasa kelak. Literasi teknologi dan digitalisasi harus selaras dengan proses pembelajaran, “Jika memungkinkan silahkan diajarkan cara menggunakan sepuluh jari saat mengoperasikan komputer” ujarnya sambil menceritakan pengalamannya di Kelas VI MI saat diajari menggunakan mesin ketik jaman dulu.

Baca Juga

HARI KEDUA PELAKSANAAN ANBK MTS. MIFTAHUL ULUM 2 BERJALAN LANCAR

Pengawas Bina Ruli Widayadi, S.Ag., MA. kepada Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I lebih menanyakan terkait teknis pelaksanaan dan kendala-kendala yang timbul selama kegiatan berlangsung. Namun, kepada Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd., pengawas cenderung melakukan pembinaan yang sifatnya untuk pengembangan madrasah dalam kaitannya implementasi kurikulum merdeka. Bapak pengawas menyampaikan kepada Kepala Kemenag saat keduanya berada di ruang multimedia bahwa progres pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid ini sangat luar biasa, hanya dalam jangka waktu empat tahun mampu meraih predikat unggul (Akreditasi A). Meskipun lembaga ini masih sangatlah muda, madrasah ini layak untuk dipromosikan atas capaian-capaiannya.

Mewakili Kemenag Kab. Lumajang, Cak Muslim (sapaan akrab Kepala Kemenag) yang sedari awal kedatangan berdialog seputar madrasah dengan gimmick santai dan humor tetapi syarat pengetahuan mengucapkan terimakasih atas kerja keras dan kerja sama demi mensukseskan ANBK 2023. Beliau memohon maaf tidak dapat berlama-lama kendati ingin sekali berdiskusi dengan civitas madrasah, “Ustadz, saya ingin sekali dibuatkan kopi dan kita ngobrol lama mengenai madrasah ini, tapi mohon maaf karena jadwal agenda mengharuskan untuk monitoring di madrasah lain”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *