Serentak, MTs. Miftahul Ulum 2 Laksanakan ANBK 2023

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari pertama di MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang pada hari Senin (18/09/23) berjalan lancar tanpa kendala. ANBK SMP/MTs yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia ini diselenggarakan oleh Pusmendik Kemdikbud RI. Pelaksanaan ANBK MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Putra dan Putri diikuti oleh siswa kelas VIII sebanyak 45 orang dan 5 cadangan.


Berbeda dengan madrasah yang lain pada umumnya, pelaksanaan ANBK di MTs. Miftahul Ulum 2 dimulai pada sesi kedua yaitu pada jam 10.00 hingga 13.00 WIB. Menurut Teknisi ANBK Abdul Rozaq, S.Sos hal tersebut bertujuan untuk memungkinkan para peserta agar bisa belajar dengan waktu yang lapang.


Peserta ANBK yang dipilih secara random dari pusat tampak antusias dan semangat dalam mengerjakan soal-soal asesmen yang sangat bervariatif.

Baca Juga

MTS MIFTAHUL ULUM 2 LAKSANAKAN GLADI BERSIH ANBK TAHUN 2023


Kepala MTs Miftahul Ulum 2 Sahroni menjelaskan bahwa ANBK merupakan salah satu program pemerintah untuk menilai terhadap mutu madrasah/sekolah dengan penilaian berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi dan karakter serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Gambaran di atas tersebut diperoleh dari tiga instrument utama, yakni Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar” jelas Kepala madrasah perdana di MTs Miftahul Ulum 2

2 Replies to “Serentak, MTs. Miftahul Ulum 2 Laksanakan ANBK 2023”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *