Hari Kedua Pelaksanaan ANBK MTs. Miftahul Ulum 2 Berjalan Lancar

Selasa (19/09/23), Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di hari kedua yang dilakukan oleh MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid tidak menemukan kendala, baik untuk siswa maupun siswi. Kegiatan ANBK dimulai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan secara nasional yakni untuk sesi 2 dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 13.00 wib.

Menurut ketua panitia penyelenggara ANBK Husen, S.Pd.I jumlah peserta asesmen hari kedua ini masih sama dengan yang hari pertama yakni 45 orang kelas VIII yang telah ditetapkan berdasarkan acak oleh Kemdikbud. Adapun asesmen yang wajib kerjakan hari ini adalah soal Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar dengan durasi waktu kerja 180 menit.

Baca Juga

SERENTAK, MTS. MIFTAHUL ULUM 2 LAKSANAKAN ANBK 2023

Muhammad Said Fadhori, S.Pd.I., salah seorang anggota panitia menyampaikan bahwa secara teknis peserta ANBK tahun ini lebih siap dalam hal pengoperasian komputer, “Dibandingkan tahun sebelumnya, anak-anak yang terjaring mengikuti ANBK tahun ini lebih memiliki kesiapan dalam pengoperasian komputer”.

Pernyataan Said itu ditanggapi Waka Sarpras Aris Purnomo, S.Pd yang menyebut bahwa sasaran pembiasan pengoperasian komputer di ruang Multimedia (Lab. Komputer) adalah siswa-siswi Kelas VII dan Kelas VIII, jadi lumrah jika peserta ANBK di tahun ini lebih siap ketimbang tahun sebelumnya.

Pewarta madrasah kemudian menanyakan bagaimana respon peserta terhadap muatan-muatan materi soal, Muhammad Ismail, S.Pd salah satu anggota proctor memberikan pandangannya dari observasi dan wawancara sederhana yang dilakukannya didapati bahwa sekitar 30% mengalami kesulitan mencerna soal-soal berbasis numerasi. Meskipun demikian, mereka dapat menyelesaikan semua soal sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Sekretaris Panitia ANBK Abdul Rozaq, S.Sos menyampaikan bahwa dengan selesainya kegiatan asesmen nasional tingkat SMP/MTs hari ini, maka ia bersama team panitia lainnya akan segera menyusun laporan kegiatan untuk selanjutnya diserahkan kepada kepala madrasah.

Sementara itu Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid di sela-sela memantau pelaksanaan ANBK di putri berharap semoga kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bisa memberikan gambaran kepada pemerintah tentang mutu Pendidikan di madrasah yang dinahkodainya mulai awal berdiri sejak tahun 2019 . 

2 Replies to “Hari Kedua Pelaksanaan ANBK MTs. Miftahul Ulum 2 Berjalan Lancar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *