Hari Ketiga : Ujian Praktik Matematika Membuat Jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Lengkung

Rabu (23/03/22) merupakan hari ketiga pelaksanaan ujian praktik untuk kelas IX MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid. Sesuai dengan jadwal hari ini adalah ujian praktik Mata Pelajaran Matematika. Bertindak sebagai penguji adalah Muhammad Ismail, S.Pd dan Zainal, M.Pd selaku Guru Matematika.

Baca Juga :

HARI KEDUA UJIAN PRAKTIK IPA : HUKUM ARCHIMEDES

Materi yang diujikan adalah Matematika Membuat Jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Lengkung. Kompetensi Dasar adalah para siswa dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung. Indikatornya adalah Peserta didik dapat membuat jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Lengkung dari benda yang ada di sekitarnya.

Kegiatan praktik ini diharapkan peserta didik dapat menstimulasikan/merangsang kreatifitas peserta didik sehingga terampil dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Di samping itu, kegiatan praktik bertujuan untuk menilai hasil belajar peserta didik dalam praktikum Matematika yang telah dikuasai sebagai penerapan dalam hidup sehari-hari.

Baca Juga :

START HARI INI, MTS. MIFTAHUL ULUM 2 GELAR UJIAN PRAKTIK KELAS IX

Instrumen Penilain : Kelengkapan alat dan bahan, Ketelitian dalam prosedur pembuatan jaring-jaring BRSL; Kerapian/Estetika Produk BRSL dan Mendeskripsikan Hasil Produknya. Sedangkan metode yang dipakai adalah Demonstrasi, Tanya Jawab dan Produk.

Muhammad Ismail menjelaskan bahwa para siswa akan dinyatakan lulus apabila memenuhi beberapa syarat sebagai berikut: 1) Memiliki nilai akhir 80 pada seluruh ujian praktek, 2) Berkelakuan baik dan berbudi luhur, 3) Berniat baik dengan mengikuti ujian praktik dengan melaksanakan seluruh materi ujian. Untuk aspek penilaian antara lain : a) Kelengkapan alat dan bahan, b) Ketelitian;, c) Produk dan d) Mendeskripsikan hasil produknya.

Lebih lanjut Zainal, M.Pd selaku penguji kedua berharap pelaksanaan ujian praktik yang digelar selama ini mampu menjadi sarana pembelajaran bagi para siswa untuk mengintegrasikan dan mengsingkronkan antara teori yang telah dipelajari dengan praktik dalam kehidupan nyata.

“Dengan adanya pelaksanaan ujian praktik ini, kami mengharapkan antara teori dengan praktik dapat disinkronkan dan dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari- hari” Ujar Zainal.

One Reply to “Hari Ketiga : Ujian Praktik Matematika Membuat Jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Lengkung”

Leave a Reply

Your email address will not be published.