Hari Ketiga PAS/ASAS: Bahasa Inggris dan Sejarah Kebudayaan Islam

Hari Rabu, 06 Desember 2023, adalah momen penting bagi para siswa dan guru di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang. Sebagai langkah terakhir dalam mengevaluasi pencapaian siswa selama satu semester penuh, Penilaian Akhir Semester (PAS) Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) dilakukan dengan serius dan penuh dedikasi. Pada hari ketiga pelaksanaan ASAS, dua mata pelajaran menjadi fokus utama, yaitu Bahasa Inggris dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Persiapan Menuju Hari Besar
Seiring berjalannya waktu, pembelajaran telah bertransformasi menjadi perjalanan yang menantang bagi siswa dan guru. Bagaimana cara mengukur pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan? Jawabannya ada pada ASAS, yang bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kemampuan siswa dalam dua mata pelajaran kunci.

Menghadapi hari besar ini, guru-guru di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang telah melakukan persiapan matang. Mereka tidak hanya mengevaluasi materi yang diajarkan, tetapi juga memastikan bahwa pendekatan pengajaran yang diterapkan memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa. Selain itu, ujian simulasi telah diadakan untuk membiasakan siswa dengan format pertanyaan yang mungkin muncul.

Baca Juga

HARI KEDUA PAS & ASAS : MATEMATIKA DAN AKIDAH AKHLAK

Hari Ke-3: Bahasa Inggris dan Sejarah Kebudayaan Islam

Jam Pertama: Bahasa Inggris
Pada jam pertama, mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi pusat perhatian. Siswa-siswa memasuki ruang ujian dengan harapan dan semangat untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Soal-soal yang dirancang mencakup berbagai aspek seperti pemahaman teks, tata bahasa, dan keterampilan menulis. Guru penguji hadir dengan tekad untuk memberikan pengalaman ujian yang adil dan mendorong siswa untuk memberikan yang terbaik.

Jam Kedua: Sejarah Kebudayaan Islam
Seusai istirahat, siswa kembali fokus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ujian ini tidak hanya menguji pengetahuan sejarah, tetapi juga pemahaman siswa tentang bagaimana kebudayaan Islam membentuk peradaban dan nilai-nilai masyarakat. Penguji menekankan pada pemahaman konsep-konsep kunci serta kemampuan siswa untuk menganalisis dan menyimpulkan informasi dari materi yang telah dipelajari.

Baca Juga

PENGAWAS MADRASAH MONITORING PELAKSANAAN PAS/ASAS TAHUN 2023

Sukses Terletak pada Proses, Bukan Hanya Hasil
Meskipun ASAS hari ke-3 di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang menantang, penting untuk diingat bahwa sukses tidak hanya terletak pada hasil akhir ujian. Proses pembelajaran dan upaya yang telah dilakukan oleh siswa selama satu semester penuh juga menjadi bagian penting dari kesuksesan mereka. Guru dan siswa sama-sama berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Evaluasi Pasca ASAS
Setelah selesainya ASAS, langkah selanjutnya adalah evaluasi pasca-ASAS. Guru akan memeriksa hasil ujian, memberikan umpan balik kepada siswa, dan merancang strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa mendatang. Selain itu, pihak sekolah juga akan menggali pandangan siswa tentang pelaksanaan ujian dan mengevaluasi keberhasilan strategi pembelajaran yang telah diterapkan.

Kesimpulan
PAS/ASAS di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang pada Hari Rabu, 06 Desember 2023, menjadi momentum refleksi bagi seluruh komunitas pendidikan. Sebuah perjalanan panjang telah dilalui bersama, dan hasil ASAS akan menjadi cerminan dari upaya bersama guru dan siswa. Pendidikan di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang tidak hanya tentang nilai, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan pemahaman yang mendalam terhadap ilmu pengetahuan.

Penulis : Abdul Hamid, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *