Hari Kedua PAS & ASAS : Matematika dan Akidah Akhlak

Hari kedua, Selasa (05/12/23) pelaksanaan PAS/ASAS di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang, fokus evaluasi jatuh pada mata pelajaran Matematika pada jam pertama dan Akidah Akhlak pada jam kedua.

  1. Konteks Pelaksanaan Evaluasi
    MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang mengutamakan proses pembelajaran yang holistik, mencakup aspek kognitif dan moral. PAS menjadi momen penting untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan nilai-nilai karakter yang diusung sekolah.
  2. Jam Pertama: Matematika
    Pada jam pertama, siswa diuji dalam mata pelajaran Matematika. Evaluasi mencakup berbagai aspek, seperti pemahaman konsep, penerapan rumus, dan kemampuan pemecahan masalah. Soal-soal dirancang untuk menguji keterampilan siswa dalam menerapkan pengetahuan matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari. Guru penguji memberikan panduan yang jelas dan mendukung agar siswa dapat mengekspresikan pemahaman mereka dengan baik.

Baca Juga

HARI PERTAMA PELAKSANAAN PAS & ASAS MTS MIFTAHUL ULUM 2 LUMAJANG
  1. Jam Kedua: Akidah Akhlak
    Pada jam kedua, fokus pindah ke mata pelajaran Akidah Akhlak. Evaluasi tidak hanya mencakup pemahaman konsep keagamaan, tetapi juga penerapan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diuji melalui soal-soal berbasis situasi, di mana mereka diminta memberikan respons yang mencerminkan pemahaman mendalam tentang ajaran agama dan etika moral. Guru penguji memberikan penilaian tidak hanya pada aspek pengetahuan, tetapi juga sikap dan perilaku siswa.
  2. Pendekatan Asesmen Berbasis Kompetensi
    MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang mengadopsi pendekatan asesmen berbasis kompetensi dalam PAS. Ini bertujuan untuk mengukur tidak hanya pengetahuan faktual siswa, tetapi juga kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Guru penguji memberikan penekanan pada kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan penerapan nilai-nilai moral dalam setiap evaluasi.
  3. Keterlibatan Siswa dan Pendidik
    Proses evaluasi PAS di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang melibatkan keterlibatan aktif siswa dan pendidik. Guru memberikan arahan selama proses evaluasi, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan pertanyaan, dan memberikan umpan balik konstruktif. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan evaluasi yang mendukung pertumbuhan siswa.
  4. Pentingnya Evaluasi Holistik
    PAS bukan hanya tentang memberikan angka atau nilai akhir. Lebih dari itu, evaluasi ini menjadi cerminan dari upaya pendidikan yang holistik, yang tidak hanya mengejar prestasi akademis tetapi juga mengembangkan karakter dan moral siswa. MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang berkomitmen untuk mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki nilai-nilai moral yang tinggi.

Penutup: Membangun Pondasi Pendidikan yang Kuat
Melalui pelaksanaan PAS dengan fokus pada Matematika dan Akidah Akhlak di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang, diharapkan siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan yang kokoh dalam berbagai disiplin ilmu, tetapi juga tumbuh sebagai individu yang bertanggung jawab dan memiliki nilai-nilai luhur. Proses evaluasi seperti ini menjadi pondasi kuat dalam membangun masa depan pendidikan yang lebih baik dan menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan dunia.

Penulis : Abdul Hamid, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *