Hari Pertama Pelaksanaan PAS & ASAS MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang

Pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat, khususnya di tingkat menengah. Salah satu lembaga pendidikan menengah yang berfokus pada pengembangan akademis dan spiritual adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Ulum 2 Lumajang. Pada setiap akhir semester, lembaga ini melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan menggunakan pendekatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS). Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana pelaksanaan PAS ASAS dilakukan pada jam pertama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan jam kedua untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

  1. Bahasa Indonesia: Penguatan Keterampilan Berbahasa
    Jam pertama PAS ASAS di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang diisi dengan ujian Bahasa Indonesia. Mata pelajaran ini tidak hanya berkutat pada pemahaman tata bahasa dan kosakata, tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Ujian ini mencakup berbagai aspek, termasuk kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Guru Bahasa Indonesia di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang memberikan soal-soal yang menantang, memaksa siswa untuk merespon dengan menggunakan bahasa yang benar dan lugas. Selain itu, ujian ini juga mencakup aspek analisis teks dan pilihan ganda, untuk mengukur pemahaman siswa terhadap karya sastra dan tulisan ilmiah.

Baca Juga

FGD SEPTEMBER 2023 : BANGUN SINERGI KELEMBAGAAN DAN KOORDINASI PKKM 4 TAHUNAN DAN PAS GANJIL
  1. Jam Kedua: Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits

Jam kedua pelaksanaan PAS dan ASAS difokuskan pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan moral siswa di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang. Evaluasi pada jam kedua mencakup aspek-aspek berikut:

Hafalan Al-Qur’an: Siswa diuji dalam hafalan surat-surat pendek atau ayat-ayat tertentu dari Al-Qur’an. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal dan memahami ayat-ayat suci.

Pemahaman Al-Qur’an dan Hadits: Siswa diuji dalam pemahaman mereka terhadap isi Al-Qur’an dan Hadits. Pertanyaan dapat berkisar dari makna ayat-ayat hingga penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Tajwid: Aspek penting lainnya adalah penilaian terhadap kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai kaidah tajwid. Guru akan memberikan perhatian khusus pada pengucapan huruf, tanda baca, dan tajwid lainnya.

Etika dan Akhlak: Pendidikan agama Islam tidak hanya mencakup aspek pengetahuan, tetapi juga membentuk akhlak dan etika siswa. Evaluasi mencakup perilaku siswa dalam mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Implementasi Teknologi dalam Evaluasi
    PAS ASAS di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang tidak hanya menonjolkan substansi materi, tetapi juga mengadopsi teknologi sebagai alat bantu evaluasi. Sistem penilaian menggunakan metode ujian online, memungkinkan siswa untuk mengikuti ujian dengan cara yang lebih efisien dan mudah. Hal ini juga membantu guru dalam melakukan analisis data hasil ujian secara cepat dan akurat.
  2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran
    PAS ASAS bukan hanya sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai refleksi dari kualitas pembelajaran di MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang. Hasil dari evaluasi ini menjadi dasar untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum serta strategi pembelajaran guna memastikan pemahaman konsep dan karakter siswa semakin baik dari waktu ke waktu.

Dengan menggabungkan pendekatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) dengan pemanfaatan teknologi, MTs Miftahul Ulum 2 Lumajang menunjukkan komitmen mereka untuk memberikan pendidikan yang holistik, mengembangkan potensi akademis dan spiritual siswa secara seimbang. Kesuksesan pelaksanaan PAS ASAS di lembaga ini menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya dalam menghadirkan evaluasi yang bermakna untuk pertumbuhan siswa.

Penulis : Abdul Hamid, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *