Google Doodle Semarakkan Kemerdekaan Ke-78


Oleh: Tim Multimedia Madrasah

Ada pemandangan menarik jika kalian membuka situs Google tepat pada hari kemerdekaan kemarin (Kamis, 17 Agustus 2023). Logo Google berubah menjadi sebuah ilustrasi doodle yang menampilkan sejumlah orang sedang berolahraga dan berkompetisi dalam perlombaan. Doodle ini khusus dibuat dan ditampilkan oleh perusahaan teknologi Google dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Ilustrasi tersebut memperlihatkan sejumlah orang sedang berolahraga seperti sepak takraw, bulu tangkis, hingga bela diri. Di samping itu, ada juga beberapa orang yang sedang mengikuti perlombaan khas 17 Agustusan seperti makan kerupuk dan balap karung. Selain menampilkan desain yang atraktif dan sporti, doodle itu juga dikemas dengan pemilihan warna yang identik dengan keceriaan seperti pink, ungu, biru, kuning, jingga, dan merah. Menariknya lagi, sang ilustrator juga tampaknya ingin menampilkan keberagaman ras dan latar belakang masyarakat Indonesia mulai dari jenis kulit, usia, jenis kelamin, hingga kelompok penyandang disabilitas.

Baca Juga

SPIRIT REVOLUSIONER KERAKYATAN, POTRET LUKISAN DULLAH (DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-78)

Ketika tap pada gambar doodle tersebut, layar dekstop seketika akan dihujani animasi kertas berwarna merah dan putih yang melambangkan simbol Bendera Indonesia. Dalam laman resmi Google Doodle, situs pencarian terbesar itu menyebutkan bahwa logo doodle peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dibuat oleh ilustrator asal Jawa Barat, Indonesia, Diela Maharanie.

Ilustrasi yang dibuat terinspirasi dari tema resmi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tahun ini yakni “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema yang diusung diketahui memuat spirit mewujudkan semangat gotong-royong dan kebersamaan untuk mempercepat pertumbuhan negara, dengan tetap menjaga kearifan lokal dari beragam suku bangsa yang ada di Indonesia. Dengan tema tersebut, peringatan kemerdekaan dapat dimaknai sebagai ajakan untuk seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Selayaknya olahraga estafet yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan yang sama.

Filosofi tersebut juga dijumpai pada sejumlah olahraga lokal yang memiliki prestasi mendunia seperti sepak takraw dan bulu tangkis, atau permainan khas Agustusan seperti lomba balap karung, makan kerupuk, dan panjat pinang. Semua hal itulah yang digambarkan dalam Google Doodle HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 2023 yang tampak atraktif dan trendy.

“Karya seni Doodle hari ini mewakili masyarakat Indonesia yang berkumpul untuk memainkan permainan tradisional hari kemerdekaan, mengingat pentingnya kolaborasi. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78,” – Google Doodle.

Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *