FGD Desember 2023: Evaluasi KBM & Refleksi Manajerial Kelembagaan

Ahad (31/12/2023), berakhirnya Tahun 2023 di MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid dijadikan bahan refleksi kelembagaan. Civitas madrasah pimpinan Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengadakan Focus Group Discussion bulanan dengan mengadakan beberapa evaluasi seputar kegiatan belajar mengajar (KBM) dan fungsi manajemen.

Diselenggarakan di ruang guru, kepala madrasah mengatakan dalam sambutannya bahwa di Tahun 2024 semangat kebaruan dan perbaikan harus menjadi prioritas, terlebih program unggulan madrasah masuk dalam event lomba “Inovasi Madrasah” yang diselenggarakan Kementerian Agama Kab.Lumajang.

Baca Juga

FGD OKTOBER 2023 : EVALUASI KUALITAS KBM DAN MANTAPKAN PERSIAPAN PKKM

Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I kemudian menyampaikan hasil temuan-temuan pada proses KBM baik itu pada sistem pengajaran, pada siswa, maupun pada guru selama Desember 2023. Ustadz Husen menyebut bahwa tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran dan tingkat kedisiplinan masih dianggap rendah. Oleh karenanya bidang kurikulum menyoroti kinerja tenaga kependidikan agar di semester genap dapat meningkatkan semangatnya.

Selain itu, pada bidang kesiswaan yang diwakilkan Hamzah Maulana R, S.H lebih menyoroti pada perilaku peserta didik yang selama bulan ini cenderung kedisiplinannya rendah, “Dari pantauan kami di bidang kesiswaan, beberapa siswa meskipun tidak semuanya mulai bikin ulah. Saya khawatir ini menular ke siswa lain, jadi saya mohon kerjasama kepada seluruh wali kelas dan ke-BK-an untuk dapat memberikan asesmen dini”.

Pada bidang sarana prasarana (sarpras), Waka Sarpras Aris Purnomo, S.Pd meminta izin kepada setiap wali kelas terutama pada kelas putri dan guru pengajar untuk diberikan kesempatan untuk melakukan perawatan proyektor yang terpasang di kelas. Ustadz Aris juga mengharapkan kepada wali kelas untuk selalu mengingatkan anak didiknya agar senantiasa menjaga dan merawat fasilitas madrasah.

Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi yang diberikan kesempatan berbicara pada akhir sesi menjelaskan perihal seremonial apel dan resepsi Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 yang akan diselenggarakan di Stadion Bumi Semeru Damai Huntap Sumbermujur Candipuro. Dari edaran Kemenag Kab.Lumajang, disebutkan MTs. Miftahul Ulum 2 menjadi salah satu kandidat penerima penghargaan, oleh karena itu seluruh tenaga kependidikan diharapkan dapat hadir pada agenda acara yang dimaksud.

FGD Desember 2023 yang diselenggarakan selepas KBM kemudian ditutup dengan closing statement oleh kepala madrasah dan doa oleh Amang Philips Dayeng P, S.Sos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *