Visitasi dan Observasi Tim Juri Lomba Inovasi Madrasah Kab.Lumajang 2023

Kamis (28/12/2023), setelah melalui serangkaian tahapan dalam event lomba inovasi madrasah, tiba giliran tim juri melakukan visitasi untuk mengobservasi dan mewawancarai pihak-pihak pelaksana program inovasi madrasah dan civitas madrasah selaku objek sasaran program. Menurut keterangan panitia lomba, hasil visitasi tim juri akan ditelaah dan dirapatkan bersama dengan dewan juri lain untuk menentukan yang terbaik.

Baca Juga

MTS. MIFTAHUL ULUM 2 MASUK NOMINASI MADRASAH INOVASI TAHUN 2023

Drs. Achmad Junaidi, MM dan Sri Wahyuni, S.Pd., MPd ditunjuk untuk melakukan observasi dan mewawancarai civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid terkait program “Madrasah Literasi: Berbasis Riset dan Digital”. Pada kesempatan ini, Abah Jun (sapaan akrab Drs. Achmad Junaidi, MM) dan manajemen madrasah dapat bersilaturahmi kembali setelah dirinya tidak lagi menjadi pengawas bina MTs. Miftahul Ulum 2. Bagi manajemen madrasah, sosok Abah Jun merupakan peletak dasar inovasi-inovasi yang terjadi di madrasah sejak didirikan pada Tahun 2019.

Setelah temu kangen, tim juri memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar isi dokumen yang diajukan oleh manajemen madrasah. Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd didampingi Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I beserta anggota bidangnya M. Said Fadhori, S.Pd.I., Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi., Waka Sarpras Aris Purnomo, S.Pd dan pelaksana riset madrasah A. Hafidz Abdullah, M.Pd serta Wakabag TU Hasyim Asyari, S.H bergantian merespon pertanyaan-pertanyaan dari visitor.

Beruntung sekali, kendati visitasi ini dalam rangka menggali potensi program unggulan tetapi suasana yang terjadi layaknya pembinaan. Kedua tim juri yang mendapati temuan-temuan yang kurang dan tidak sesuai berkenan memberikan saran dan kritiknya. Hal ini merupakan yang diharapkan oleh manajemen madrasah, terutama oleh kepala madrasah yang haus akan perbaikan-perbaikan dalam tata kelola kelembagaan dan program madrasah.

Baca Juga

PRESENTASI NOMINASI MADRASAH INOVASI KAB.LUMAJANG 2023

“Saya sangat bersyukur momen observasi dan wawancara oleh tim juri siang ini turut diberikan masukan-masukan. Penilaian obyektif dari para pakar sangat kami butuhkan untuk pengembangan manajerial dan perumusan maupun pelaksanaan program”, terang kepala madrasah.

Alumni Ma’had Aly Al-Hikam Malang ini menambahkan, “bahwa saran-kritik merupakan amunisi utama bagi manajemen untuk melakukan perbaikan, disamping kolaborasi dari internal civitas madrasah”.

Rencananya, pemenang dari lomba inovasi madrasah ini akan diumumkan pada ceremonial Hari Amal Bhakti Ke-78 Kementerian Agama RI 2024 yang diselenggarakan pada 3 Januari 2024 di Stadion Bumi Semeru Damai Huntap Sumbermujur Candipuro.

Melalui berita ini, kami segenap civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid mengharapkan keikhlasan doa untuk kemenangan event lomba inovasi madrasah agar civitas semakin termotivasi melakukan perubahan-perubahan ke arah perbaikan layanan kependidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *