Tiga Hari: Siswa Baru Menjalani Pra-MATSAMA Tahun Pelajaran 2023-2024

Petunjuk teknis pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2023/2024 telah resmi dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI melalui surat bernomor: B-2875/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/07/2023. MATSAMA merupakan masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah yang ditujukan untuk pengenalan program, sarana dan prasarana madrasah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah.

Namun, sebelum kegiatan itu diselenggarakan di lingkungan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, panitia dibawah komando Waka Kesiswaan Zainul Arifin, S.H menyelenggarakan Pra-MATSAMA yang berisi kegiatan-kegiatan, di antaranya: Jadwal dan agenda MATSAMA; Verifikasi pemondokan dan kelas; Screening baca, tulis, dan hitung (calistung); Screening kemampuan psikomotorik dan fisiologis.

-Jadwal dan Agenda MATSAMA

Sosialisasi jadwal, agenda, dan narasumber, serta penggunaan atribut maupun perlengkapan yang hendak digunakan selama MATSAMA berlangsung.

-Verifikasi Pemondokan dan Kelas

Seluruh siswa MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid merupakan santri Pesantren Miftahul Ulum yang mana setiap santri diwajibkan untuk bermukim di pesantren (pemondokan), oleh karenanya verifikasi pemondokan perlu dilakukan agar data pihak madrasah dengan pesantren sinkron. Selain itu, tiap-tiap kepala asrama yang ada di pesantren dapat senantiasa berkoordinasi dengan madrasah mengenai perkembangan tiap siswa maupun hal lain yang berkenaan dengan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pesantren ataupun madrasah. Pun jika semisal terjadi hal-hal urgensi maka kedua pihak dapat dengan sigap memitigasi kejadian-kejadian yang sifatnya aksidental.

Verifikasi kelas sebagai ruang belajar siswa juga disampaikan dalam kegiatan ini. Verifikasi kelas ini juga digunakan untuk mengelompokkan siswa saat MATSAMA diselenggarakan hingga kegiatan belajar mengajar dilaksanakan.

-Screening calistung

Kendati jenjang madrasah tsanawiyah sudah menasbihkan siswa di usia ini menguasai literasi dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung tetapi civitas madrasah berkaca pada tahun-tahun ajaran sebelumnya didapati ada siswa yang belum dapat menguasai hal tersebut maka dilakukanlah screening calistung ini.

Kegiatan ini bukan untuk menyisihkan siswa-siswi yang lambat dalam penguasaan literasi-numerasi dasar akan tetapi pihak madrasah akan memberlakukan program inklusi melalui layanan bimbingan dan konseling untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan yang dimaksud.

-Screening Psikomotorik dan Fisiologis

Sama halnya dengan screening calistung, dalam screening psikomotorik siswa diminta melakukan serangkaian gerakan fisik sederhana. Adapun jika didapati ada siswa yang memiliki kekurangan pada aspek psikomotorik maka madrasah akan menempatkannya pada program inklusi.

Pendengaran lemah, buta warna, dan kebutuhan khusus lainnya akan diidentifikasi pada sesi kegiatan ini. Siswa yang masuk ke dalam program inklusi ini akan mendapatkan metode belajar yang berbeda dengan siswa lainnya, hal ini didasari pada gaya belajar yang mereka miliki jelas berbeda.

Juga, mengingat letak kelas atau ruang belajar siswa putra berada di gedung berlantai tiga dan siswi putri berada di lantai dua (keduanya berbeda gedung di area terpisah) maka pemahaman area ruang belajar dan kebugaran fisiologi sangat dibutuhkan untuk menjalani proses pembelajaran selama tiga tahun kedepan.

Pra-MATSAMA yang diselenggarakan oleh panitia ini mendapat atensi dari Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd, menurutnya kegiatan ini sangatlah dibutuhkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran bagi siswa baru ini sehingga akan diketahui gaya belajar di tiap kelas. Pemetaan yang dilakukan mulai dari Pra-MATSAMA hingga MATSAMA nantinya akan menjadi bahan rekomendasi bagi wali kelas dan guru mapel untuk menentukan metode pembelajarannya dalam mengelola ruang kelas.

Untuk MATSAMA TP. 2023-2024 direncanakan dimulai pada Tanggal 10 Juli 2023 yang akan menghadirkan beberapa narasumber sebagai pemateri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *