logo_mts192
0%
Loading ...

Review Visi Misi dan Kurikulum MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid Tahun Pelajaran 2024/2025

Review Visi Misi dan Kurikulum 2024-2025

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan menyesuaikan arah pengembangan madrasah dengan tantangan zaman, MTs Miftahul Ulum 2 Bakid menggelar acara review visi, misi, dan kurikulum untuk tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan rutin tahunan berlangsung di Aula Madrasah, Senin (17/06/24).

Acara ini dihadiri oleh para wakil kepala madrasah, seluruh dewan guru, tenaga kependidikan dan staf, perwakilan orang tua siswa dan komite madrasah serta stakeholder yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh akademisi Pendidikan IAIM Lumajang. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi dan menyempurnakan visi, misi, serta kurikulum yang akan menjadi pedoman dalam proses pembelajaran di tahun ajaran mendatang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala MTs Miftahul Ulum 2, H. Ahmad Fauzi, S.Pd.I. Dalam sambutannyam kepala madtasah menekankan pentingnya evaluasi visi dan misi yang jelas yang relevan sebagai landasan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman. “Visi dan misi  madrasah harus selalu dievaluasi agar tetap relevan dan mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital, sementara kurikulum harus fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik,” ujarnya.

Baca Juga

Review dan Evaluasi Visi Misi, dan Kurikulum Madrasah Tahun Pelajaran: 2023-2024

“Kurikulum yang diterapkan juga harus mampu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat,” imbunya

Acara dimulai dengan pemaparan visi dan misi madrasah hasil evaluasi sebelumnya oleh tim pengembang kurikulum. Visi MTs Miftahul Ulum 2 Bakid untuk tahun 2024/2025. Sementara itu, misi madrasah difokuskan pada penguatan pendidikan karakter, peningkatan kualitas akademik, serta pengembangan keterampilan siswa dalam bidang teknologi dan seni.

Dalam sesi diskusi, beberapa masukan disampaikan oleh peserta. Dewan guru mengusulkan adanya integrasi pendidikan berbasis digital dalam visi dan misi madrasah, sementara komite madrasah menekankan pentingnya peningkatan karakter dan akhlak mulia sebagai bagian dari tujuan pendidikan. Perwakilan siswa juga turut berpartisipasi dengan menyampaikan harapan mereka terkait sistem pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Selanjutnya, tim kurikulum memaparkan rencana pengembangan kurikulum yang akan diterapkan. Kurikulum tahun 2024/2025 akan mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Selain itu, madrasah juga akan memperkuat program ekstrakurikuler seperti robotik, literasi digital, dan kegiatan keagamaan untuk mendukung pembentukan karakter siswa.

Dalam sesi diskusi, para peserta memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan kurikulum. Beberapa orang tua siswa menyampaikan harapan agar madrasah dapat lebih memperhatikan pengembangan soft skills siswa, seperti kemampuan komunikasi dan kerja sama tim. Sementara itu, perwakilan komite madrasah menekankan pentingnya kolaborasi antara pihak madrasah dan orang tua dalam mendukung keberhasilan pembelajaran.

Selain itu, kegiatan ini juga membahas langkah-langkah konkret untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, termasuk penggunaan media digital dalam mengajar, serta penguatan budaya literasi di kalangan peserta didik. Para peserta juga sepakat untuk lebih mengoptimalkan kolaborasi antar mata pelajaran guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh bagi siswa.

Dengan adanya review ini, diharapkan MTs Miftahul Ulum 2 semakin siap dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern serta mampu mencetak generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan berdaya saing tinggi.

Share the Post:

Join Our Newsletter