Rencanakan Audit Keuangan, Kepala madrasah dan Kepala TU Bertemu Auditor Internal Madrasah

MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang terus berikhtiar menerapkan manajemen akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan khususnya dana BOS. Penggunaan dana BOS harus betul-betul digunakan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dan memiliki akurasi data yang valid dengan menggunakan catatan transaksi yang diakui.

Baca Juga

MATANGKAN PELAKSANAAN UM TAHUN 2022, PIMPINAN MADRASAH DI LINGKUNGAN YMU BAKID GELAR RAKOR

Untuk memastikan hal tersebut, Kepala Madrasah, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengadakan pertemuan dengan auditor internal madrasah, Ali Muhdor, S.E., M.S.A,. CPA di Kantor Madrasah, Rabu (16/03/22). Didampingi oleh Kepala Tata Usaha dan Bendahara, kepala menyampaikan rencana pelaksanaan audit keuangan madrasah yang direncanakan pada bulan April mendatang sesuai dengan jadwal yang telah disetujui oleh pihak auditor.

Sementara itu, Ali Muhdor selaku auditor internal MTs. Miftahul Ulum 2 menjelaskan hal-hal yang harus disiapkan dalam proses pelaksanaan audit keuangan nanti agar pelaksanaan berjalan dengan sukses dan lancar. Dalam kesempatan tersebut, Magister Akuntansi Universitas Brawijaya Malang memberikan pembinaan internal tentang bagaimana tata kelola kelembagaan dan manajemen yang baik.

Pria yang telah memiliki gelar CPA (Certified Public Accountant) atau Akuntan Publik Tersertifikasi juga mempelajari Job Description bagan struktur organisasi madrasah yang telah tercetak. Sarjana Ekonomi Alumnus UBHARA Surabaya ini juga mengkritisi Standard Procedure Operating (SOP) yang masih belum mencakup seluruh elemen dan unsur warga madrasah. Karenanya dia meminta kepada pihak madrasah untuk memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan tersebut.

Di akhir pertemuan koordinasi, Kepala madrasah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak auditor atas pembinaan, arahan dan kritikan yang telah disampaikan. Baginya pertemuan singkat tersebut telah memberikan wawasan dan pencerahan kepada pihak pimpinan madrasah dalam penerapan sistem tata kelola dan manajemen madrasah berbasis mutu.

“Temuan dan kritikan ini menjadi cambuk bagi kami agar terus bisa berbenah sehingga bisa menjadi lebih baik.” ucap Sahroni.

Pertemuan yang berlangsung selama hampir dua jam tersebut berakhir pas menjelang Adzan shalat Maghrib.

Dalam pertemuan singkat tersebut kedua belah pihak telah bersepakat bahwa fokus utama pelaksanaan audit keuangan internal yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang adalah pemeriksaan untuk kebenaran seluruh laporan pemasukan dan pengeluaran.

Selanjutnya, laporan tersebut akan diperiksa untuk keakuratan data serta penilaian efektivitas sistem keuangan internal yang sedang berjalan.

One Reply to “Rencanakan Audit Keuangan, Kepala madrasah dan Kepala TU Bertemu Auditor Internal Madrasah”

Leave a Reply

Your email address will not be published.