Pembinaan Penguatan Moderasi Beragama

Civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang mengikuti pembinaan Penguatan Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Lumajang. Sabtu (09/12/23)

Kegiatan yang digelar di Room Meeting tersebut juga diikuti oleh para pimpinan dan dosen STAIM Lumajang. Hadir sebagai narasumber Dr. Abd. Basir, S.Pd.I., M.Pd.I (Kasubdit. Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI)

Sebelum memaparkan materi penguatan Moderasi Beragama, pria kelahiran Sulawesi tersebut menjelaskan program dan kebijakan Kementerian Agama tentang peningkatan SDM dan pengembangan kelembagaan untuk lembaga pendidikan keagamaan di bawah naungan Kementerian Agama. Mulai dari Beasiswa Indonesia Bangkit, peningkatan sarana dan prasarana dan lain sebagainya.

Baca Juga

CIVITAS MTS. MIFTAHUL ULUM 2 HADIRI DEKLARASI LUMAJANG SEBAGAI KABUPATEN MODERASI BERAGAMA

“Manfaatkan peluang yang ada. Saat ini sudah tidak ada perbedaan antara kampus/madrasah swasta dan negeri. Walaupun anggaran Kemenag tidak sebanyak Kementerian Keuangan” Ucapnya

“Daripada hujan deras di satu tempat, lebih baik gerimis tapi merata. Ini prinsip Kemenag ” imbuhnya

Adapun materi disampaikan adalah Mendeteksi dan Mencounter Wacana Radikalisme, Intoleransi Ekstrimisme di Media Sosial

Menurutnya untuk memutus mata rantai Radikalisme di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai hal : Mulai dari Kampus, Menemani Hijrah. Ketegasan Pemerintah, Pelibatan Komunitas, Keamanan Cyber, Evaluasi dan Pemantauan Terus Menerus, dan Kerjasama dengan Pihak Berwenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *