Pelantikan OSIM Putri Periode 2021/2022, Memaksimalkan Sinergi Antara Siswa dan Manajemen Madrasah

Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) salah satu jalur pembinaan kesiswaan di lingkungan MTS. Miftahul Ulum 2, secara umum sebagai kelompok kerja sama antar pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama – terutama untuk kepentingan proses pendidikan di madrasah. OSIM dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau kelompok kerja sama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan selaras secara nasional.

Gerakan OSIM tersebut terkenal dengan nama “Empat Jalur Pembinaan Kesiswaan”, yaitu:

  1. Organisasi Kesiswaan
  2. Latihan Kepemimpinan
  3. Kegiatan Ekstrakurikuler
  4. Kegiatan wawasan Wiyatamandala

Dengan dilandasi latar belakang sejarah lahirnya OSIM, pembentukannya memiliki tujuan pokok:

  • Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negatif dari luar sekolah.
  • Mendorong sikap, jiwa dan semangat kasatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar-mengajar.
  • Sebagai wadah dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

Melalui Surat Keputusan Kepala Madrasah MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid Nomor: MU-F2/201/A.II/X/2021 Tentang Pengangkatan Pengurus OSIM Putri MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid Periode 2021/2022. Ketua terpilih Lailatul Masruroh menggantikan Zahrotul Aliyah, sedangkan pembina di periode kali ini Danang Satrio Priyono, S.Psi menggantikan Aris Purnomo, S.Pd.

Secara seremonial, Waka Kurikulum Amang Philips Dayeng P, S.Sos yang mewakili kepala madrasah menyampaikan bahwa OSIM harus dapat mewadahi pendapat, gagasan, dan masukan dari semua siswa khususnya siswi putri. Siswi putri yang lebih terkoordinir di tiap kelas perlu didorong untuk lebih lagi menunjukkan bakat-bakatnya.

Pengantar pembina, Danang Satrio Priyono, S.Psi mengharapkan siswi-siswi yang tergabung di OSIM periode ini lebih dapat mengkomunikasikan segala yang terjadi di lingkungan madrasah. Sinergi antara manajemen madrasah dan OSIM perlahan akan diwujudkan dalam bentuk pengkaryaan terutama mengeksplorasi bakat dan minat siswi putri MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid.

Aris Purnomo, S.Pd selaku pembina OSIM periode sebelumnya menitipkan pesan, agar OSIM putri dapat menjadi pelopor dan contoh tentang bagaimana bersikap, berpikir, dan bertindak sesuai akhlakul karimah. Hal tersebut penting sebagai budaya madrasah yang sejalan dengan adat ketimuran Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *