PAS Hari Keempat : Bahasa Inggris dan SKI

Hari ini masuk hari keempat PAS Ganjil 2022-2023, dari keterangan staf madrasah M. Ubaidillah, jadwal diagendakan Bahasa Inggris dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Abdul Hamid, S.Pd berharap ujian hari ini berjalan tertib dan siswa mengerjakan soal dengan tenang. “Saya berharap hari ini siswa dapat tertib, tidak seperti ujian Bahasa Indonesia kemarin. Konsep Bahasa Inggris sama seperti Bahasa Indonesia dan tingkat kesulitannya bertambah, semoga ini hanya kekhawatiran saya saja”, ujar guru yang sedang menempuh S-2 di Universitas Jember.

Baca Juga

PAS HARI KETIGA : QURDIS DAN BAHASA INDONESIA

Menurut penyusun soal Mapel Bahasa Inggris Muhammad Ro’uf, S.Pd, meskipun tiap minggu sekali dibiasakan conversation menggunakan Bahasa Inggris di madrasah tapi materi ujian tidak sama dengan sekedar conversation. “Jujur saja, saya ingin menambah grade pemahaman siswa dengan menyajikan materi berbasis literasi-numerasi. Ada keuntungan mereka dibiasakan percakapan menggunakan Bahasa Inggris seminggu sekali di madrasah, sehingga menambah penguasaan kosakata”, ungkap guru yang aktif mengikuti MGMP Bahasa Inggris.

Selama ujian hari ini berlangsung, Waka Sarpras Aris Purnomo, S.Pd berkesempatan memantau jalannya ujian. Wakil kepala yang sebulan terakhir sibuk mempersiapkan segala sarana madrasah ini menyampaikan dirinya memantau ujian dalam rangka supervisi khususnya fokus di sarpras, “Kemarin saya menerima keluhan ada beberapa ruangan yang kipasnya tidak berfungsi. Setelah saya cek sebelum ujian berlangsung memang ada sirkuit yang rusak, tapi langsung saya perbaiki tadi”.

Mengenai Mapel Sejarah Kebudayaan Islam yang diujikan di jam kedua, tampak siswa mengerjakan dengan tenang kendati cuaca hari ini cukup panas. Abdurrohman, S.Pd menyampaikan kepada awak media bahwa peserta ujian hari ini tertib, meskipun ujian di jam pertama tampak tegang tapi di jam kedua yang mengujikan SKI para peserta lebih rileks.

Dari pantauan redaksi sepanjang ujian berlangsung di hari keempat ini tidak ada masalah yang berarti, baik di putra maupun di putri.

2 Replies to “PAS Hari Keempat : Bahasa Inggris dan SKI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *