Mapel IPS & TIK Jadwal UMBK Hari-5

Jumat (01/04/22), Jadwal Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK), yaitu IPS dan TIK. Baik siswa putra maupun siswi putri tampak mengusahakan untuk menjawab soal-soal berbasis literasi tersebut. Pembiasaan sebelum memasuki ruang ujian seperti pakaian harus rapi dan tidak diperbolehkan membawa barang selain kartu ujian tetap diberlakukan.

Dari pantauan pengawas ruang siswa putra, Husen, S.Pd.I menyebut bahwa materi soal sudah berbasis literasi dan untuk mapel IPS lebih banyak menguji daya observasi siswa. “Materi soal mapel IPS lebih banyak terkait dengan observasi lingkungan sekitar dan kemampuan literasi sangat tepat diujikan di sini (mapel IPS), serta soal-soal HOTS juga tampaknya banyak muncul.” terang guru berpengalaman ini yang juga menjabat sebagai Sekretaris LKSA Miftahul Ulum Bakid.

Baca Juga

UMBK BAHASA INGGRIS & SKI, SOAL BERBASIS LITERASI CUKUP MENYULITKAN SISWA

Wiwin Sugianto, S.Pd yang turut mengawasi jalannya ujian, perihal materi soal TIK cenderung ke teknis pengoperasian perangkat komputer dan perangkat lunaknya. “Yang saya sempat baca dari soal itu lebih banyak mendefinisikan tentang fungsi-fungsi dan bagaimana mengoptimalkan komputer agar pekerjaan maupun tugas lebih efisien” ucap Wiwin.

Di ruang putri, Abdul Halim yang menjadi pengawas menyampaikan bahwa banyak siswi yang kesulitan menjawab soal di ujian TIK. Menurut Halim, hal ini kemungkinan karena anak sekarang lebih friendly dengan smartphone ketimbang perangkat komputer. Meskipun sesi ke-3 dijeda ba’dha Sholat Jumat, teknis pelaksanaan ujian hari ke-5 ini berjalan dengan lancar.

One Reply to “Mapel IPS & TIK Jadwal UMBK Hari-5”

Leave a Reply

Your email address will not be published.