Lakukan Audit Internal : Fokus Penerapan Sistem Manajemen dan Laporan Keuangan

Sebagai upaya dalam memastikan efektivitas sistem menejemen mutu dan akuntabilitas keuangan madrasah serta sesuai dengan program yang direncanakan pada bulan Maret yang lalu, MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul melakukan audit internal. Audit internal yang dilaksanakan pada hari Senin-Selasa : 9-10 Mei 2022.

Pelaksanaan audit ini harus mundur yang sejatinya akan dilaksanakan pada pertengahan April 2022. Hal tersebut disebabkan ketua Tim Auditor, Ali Muhdor, S.E., M.S.A., C.P.A mengalami gangguan kesehatan sehingga proses audit harus ditunda pada bulan Mei 2022.

Baca Juga

RENCANAKAN AUDIT KEUANGAN, KEPALA MADRASAH DAN KEPALA TU BERTEMU AUDITOR INTERNAL MADRASAH

Proses audit yang dilaksanakan selama dua hari hanya fokus pada dua hal yaitu :Tupoksi atau Job Description struktur organisasi Madrasah dan laporan keuangan madrasah.

Proses audit berjalan cukup lancar. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa berbagai dokumen maupun perlengkapan yang dibuat telah sesuai dengan prinsip manajemen mutu. Tim auditor internal madrasah dengan teliti mengecek berbagai dokumen yang dimiliki auditee. Auditee dalam audit internal ini mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, sampai TU tidak luput dari kegiatan audit yang dilakanakan selama dua hari itu.

Antusiasme guru dan karyawan dalam pelaksaan audit internal ini tampak dari kehadiran mereka yang mencapai 100%. Walaupun berjalan cukup serius, canda tawa tetap menghiasai pelaksanaan audit internal ini. Hal itu menunjukkan bahwa kegiatan ini tidak menjadi beban berat bagi civitas madrasah.

Setelah melakukan pemeriksaan dan review dokumen serta mengumpulkan bukti-bukti penerapan sistem manajemen dengan melakukan wawancara dengan pihak madrasah, ketua Tim Auditor Ali Muhdor, S.E., M.S.A., C.P.A memberikan rekomendasi bahwa pihak madrasah harus melakukan pelatihan tata kelola keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi keuangan yang baik, akuntabel dan transparan. Menurutnya dari hasil temuannya pihak madrasah khususnya bendahara belum memiliki buku neraca keuangan. Bendahara hanya fokus pada pengelolaan dan pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Biaya Operasional Sekolah (BOS) walaupun secara umum sudah sesuai dengan Juknis penggunaan BOS yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Usai menyampaikan evaluasi dan temuan di lapangan, kedua belah pihak menanda tangani berita acara proses dan hasil audit dengan disaksikan oleh para waka madrasah, Kepala TU, Bendahara dan beberapa guru.

Kepala madrasah, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd sangat berterima kasih atas arahan dan rekomendasi dari para tim auditor. Temuan-temuan inilah yang diharapkan sehingga dapat melakukan evaluasi agar bisa lebih baik di masa mendatang. Pihaknya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses audit perdana ini.

“Apa yang menjadi catatan ini akan kita tindak lanjuti Insyaallah” pungkasnya

One Reply to “Lakukan Audit Internal : Fokus Penerapan Sistem Manajemen dan Laporan Keuangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.