Kepala Madrasah Ikuti Forum Bahsul Masail PCNU Lumajang

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd didampingi oleh salah satu TU, mengikuti kegiatan forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren An-Anur El-Aly Tempeh Lumajang, Ahad (06/02/22). Kegiatan yang digelar oleh PC. Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU Kabupaten Lumajang tersebut diikuti oleh Perwakilan MWC NU Se Lumajang, putusan beberapa pesantren di Lumajang dan Jember.

Kehadiran Kepala Madrasah dalam forum tersebut disamping sebagai peserta musyawirin tetapi juga sebagai Wakil Ketua PC. LBM NU Kabupaten Lumajang

Tampak hadir pula beberapa PCNU Lumajang mulai dari Wakil Rais Syuriah KH. Ahmad Hanif, S.Q, Plt. Ketua PCNU Drs. H. Jamaluddin, M.Pd dan beberapa pengurus lainnya.

Baca Juga

KEPALA DAN SALAH SATU GURU MTS. MIFTAHUL ULUM 2 IKUTI MUSKERCAB II PCNU LUMAJANG

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rais Syuriah NU Lumajang dan dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan doa bersama untuk para pendiri NU yang dipimpin oleh KH. Zamroji Romly

Dalm sambutannya, Plt Ketua PCNU Lumajang H. Jamaluddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus PC. LBM NU Lumajang yang telah rutin melaksanakan kegiatan bahtsul masail dengan baik. Mantan kepalan MTs.N 1 Lumajang ini juga menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa mengikuti forum diskusi ilmiah tersebut hingga selesai dikarenakan PCNU sedang ada tamu dari PCNU Kabupaten Bangkalan dan PCNU Bantul Yogyakarta yang akan menyalurkan bantuan untuk korban erupsi gunung Semeru.

“Bahtsul Masail ini adalah forum ilmiah untuk menjawab persoalan yang terjadi di masyarakat dalam perspektif hukum agama.” ungkapnya

“Saya sangat mengapresiasi terhadap para peserta yang hadir yang tampak masih muda-muda. Sehingga pihaknya tidak khawatir akan terjadinya krisis ulama di NU.” pungkasnya

Sementara itu, KH. Ahmad Hanif yang juga Ketua MUI Kabupaten Lumajang berharap forum-forum ini sebagai benteng untuk menjaga akidah ahlus sunnah wal jamaah. Di samping itu, pengasuh PP. Al-Ghiozali Gambiran Lumajang ini berharap agar kegiatan BM ini berjalan efesien dan efektif tidak terjadi ngotot-ngototan dan perdebatan yang kurang esensial.

Tuan rumah Gus Lutfi Hakim berterima kasih atas kehadiran para peserta di pesantrennya. Baginya Kehadiran para musyawirin tersebut menjadi anugerah bagi keluarga besar PP. An-Nur El-Aly. Beliau juga mohon maaf atas segala kekurangan dalam segala hal.

Ketua PC. LBM NU Lumajang Gus Fuad Rahman, menyampaikan terimakasih kepada tua rumah yang telah bersedia menjadi tuan rumah untuk kegiatan LBM. Karena tuan rumah kegiatan LBM tidak hanya sebagai Shahihul Makan saja. Tapi juga shohibul makan wa makanan.

Dalam kegiatan BM kali ini, tema pembahasan adalah seputar kasus yang pernah viral di media sosial dan telah menghebohkan berita Nasional yaitu kasus tendang sesajen di Lereng gunung semeru yang dilakukan oleh oknum. Bertindak sebagai moderator Ustadz Saiful Ulum dari Klakah yang juga alumni Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul.

Pembahasan soal pun berlangsung alot dan adu kuat argumen yang didasarkan kepada kitab-kitab muktabarah. Sesekali moderator membaca shalawat untuk menenangkan para musyawirin yang sedang berdebat pnas. Kegiatan bahtsul masail yang dimulai pada pukul 09.00 berakhir pada jam 15.30.

Leave a Reply

Your email address will not be published.