Kepala Madrasah dan Bendahara Ikuti Pendampingan Penyusunan EDM dan RKAM


Kepala dan Bendahara MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul mengikuti pendampingan penyusunan EDM dan e-RKAM yang diselenggarakan oleh KKMTs-2, Rabu (04/01/23). Kegiatan yang digelar di MTs. Raudlatul Jadid Banyuputih Lor Randuagung ini diikuti oleh seluruh kepala dan bendahara perwakilan 25 madrasah tsanawiyah empat kecamatan: Jatiroto, Kedungjajang, Randuagung dan Klakah.

Baca Juga

GURU DAN KEPALA MADRASAH IKUTI UPACARA HAB KEMENAG KE 77 DI ALUN-ALUN LUMAJANG

Hadir sebagai narasumber lima pengawas bina madrasah di empat kecamatan tersebut: Ruli Widayadi, S.Ag. MA., Drs. Abdullah Fakih, Hj. Istiqomah, S.Ag. MA., Drs. Abdul Hannan dan Drs. Adi Siswanto.

Kegiatan pendampingan diawali degan sambutan Ketua KKMTs-2, Gunawan, M.Pd dan salah satu pengawas bina yang hadir, Drs. Abdullah Fakih.

Dalam pengantarnya Pria humoris yang akrab disapa Bapak Fakih mengatakan bahwa kegiatan ini bukan bermaksud menggurui para kepala dan bendahara madrasah yang sudah pengalaman di lapangan. Pengawas bina yang hadir hanya ingin mendampingi agar kinerja madrasah sesuai dengan aturan dan sesuai dengan jalurnya (on the track).

“Kita hanya mendampingi bukan untuk menggurui dalam pengisian EDM dan e-RKAM. Karena kalau tidak didampingi terkadang lupa dan molor. Kegiatan ini hanya ingin mengawal agar kerjanya jenengan semua ini on the track.” ujarnya.

Lebih lanjut, pria humoris ini mengatakan bahwa program-progam madrasah harus berdasarkan hasil EDM. Namun masih ada sebagian program madrasah  yang dijalankan tidak berbasis EDM. EDM yang disusun pun banyak yang copas dari madrasah lain.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Istiqomah, S.Ag., MA. Pengawas yang pernah bertugas di MI menyampaikan materi Menganalisis Kondisi Madrasah dan Bagaimana Menyusun Visi Misi yang baik. Menurutnya perumusan visi harus melalui beberapa tahap. Tahap 1 : Hasil Belajar Siswa (Raport Mutu) Tahap 2 : Suasana Pembelajaran Tatap 3 : Suasana Sekolah 4. Harapan stakeholder.

Bapak Drs. Abdul Hannan selaku pemateri kedua menyampaikan proses tahapan-tahapan penyusunan EDM dan Program Kerjam Madrasah yang baik. Pria yang akrab dengan joke-joke segarnya ini menjelaskan EDM yang berkualitas harus berangkat dari beberapa ha; Evaluasi Visi Misi, Struktur Madrasah, Menyusun RKJM dan RKT, Peraturan Madrasah dan Mengembangkan sistem informasi madrasah.

Ruli Widayadi, S.Ag., MA selaku ketua Pokjawas menyampaikan materi inti yaitu praktik penyusunan EDM dengan menggunakan aplikasi yang sudah di-share di group binaannya.

“Fokus kita bukan pada pelaksanaan EDM & ERKAM. Target kegiatan ini adalah Madrasah memiliki dokumen EDM dan ERKAM secara offline sesuai dengan fakta di lapangan. EDM bukan penilaian tapi evaluasi diri. Semakin jujur isian EDM, maka semakin baik.” jelasnya

Usai menyampaikan materi, pria yang akrab disapa Bapak Ruli ini langsung mengajarkan praktik pengisian EDM. Sedangkan Empat pembina lainnnya ikut mendampingi seluruh peserta yang hadir

Januari minggu ke empat diharapkan madrasah sudah mengumpulkan EDM, RKT dan RKAM ke masing-masing pengawas

Muhammad Kawakib Nurul Jinan, SH. selaku bendahara MTs.. Miftahul Ulum 2 yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Bendahara bukan hanya berpikir masalah anggaran ssmata. Tapi bagaimana anggaran itu disusun untuk mencapai visi misi madrasah yang telah disepakati bersama.

2 Replies to “Kepala Madrasah dan Bendahara Ikuti Pendampingan Penyusunan EDM dan RKAM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *