Kepala dan Waka MTs. MU 2 Ikuti Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Islam

Kepala dan Pimpinan MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang kembali mengikuti kegiatan Webinar Nasional Manajemen Pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom, Sabtu (20/11/21).

Dengan mengusung Tema : TANTANGAN DAN PELUANG PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0 dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, M. Ag. Ketua STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang.

Baca juga :

CIVITAS MADRASAH IKUTI WEBINAR MODERASI BERAGAMA UIN MALIKI MALANG

Dalam sambutannya, pria yang akrab dipanggil Prof. Kasuwi tersebut mengatakan banyak tantangan dan peluang yang dihadapi oleh lembaga pendidikan di Era 4.0. Dulu proses pembelajaran 100 % full tatap muka atau Offline. Tetapi di masa kemajuan teknologi dan masa pandemi sekarang ini, proses pembelajaran berbalik 100 % daring/virtual. Yang mana kalau kita melihat pandangan Imam Al-Bukhari proses pembelajaran sepertinya sekarang tidak sah. Karena Imam Al-Bukhari mensyaratkan liqa’ (bertemu langsung atau tatap muka.

“Karenanya ke depan banyak hardware dan software yang harus kita siapkan dengan sungguh-sungguh. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kampus dan lembaga pendidikan tidak perlu memiliki kampus yang megah. Inilah peluang lembaga-lembaga pendidikan Islam. ” pungkasnya

Bertindak sebagai Pembicara : Dr. Hasyim Asy’ari, M. Pd. Dosen MP UIN Jakarta, Dr. Zainal Arifin, M.S.I. (Ka. Prodi MPI UIN Yogyakarta, Zaedun Na’im, M. Pd., Ka. Prodi MPI STAIMA Al-Hikam Malang dan Dr. Sri Rahmi, M. A. Ketua Asosiasi PPMPI.

Dr. Hasyim Asy’ari, M. Pd. Dosen MP UIN Jakarta dalam paparannya menjelaskan isu-isu dan dinamika pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, revolusi industri 4.0 mendisrupi seluruh sendi kehidupan manusia, perubahan besar dalam berbagai bidang, pekerjaan dan cara bekerja berubah, banyak pekerjaan hilang digantikan robot dan teknologi dan dunia pendidikan dihadapkan pada situasi volatile, complex dan ambigue.

Pematei kedua, Dr. Zainal Arifin, M.S.I. (Ka. Prodi MPI UIN Yogyakarta menjelaskan pentingnya sebuah perencanaan dalam mengelola lembaga pendidikan Islam. “Perencanaan adalah setengah dari kehidupan” ucapnya mengutip Syaikh Abdullah Asy-Syarkawi. Masih menurut Dr. Zainal Arifin bahwa ide dasar Perencanaan Perspektif Islam : Kebebasan memilih manusia, Memperhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok. Mengucapkan Insyaallah.

“Kita membuat perencanaan agar kerja kita teratur, bukan untuk mengatur kita”ujarnya.

Zaidun Naim, M.Pd.I sebagai pemateri ketiga menjelaskan materi seputar Eksistensi Pesantren di Era Industri 4.0, sejarah, dinamika dan tantangan pesantren di era digital.

Narasumber Terakhir adalah Dr. Sri Rahmi, M.A. Dosen UIN Ar-Raniry Aceh memberikan materi Tantangan dan Peluang Lulusan MPI di Era Industri 4.0.

One Reply to “Kepala dan Waka MTs. MU 2 Ikuti Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Islam”

Leave a Reply

Your email address will not be published.