Jadwal Hari Ke-3 UMBK, Matematika & Al-Qur’an Hadist

Rabu (30/03/22), Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) hari ke-3 mengujikan mata pelajaran matematika dan Al Qur’an Hadits. Matematika sebagai mapel yang diharapkan memberikan kemampuan literasi numerik cukup membuat banyak siswa berpikir lebih keras di ujian kali ini. Sebagian besar siswa mengaku kesulitan menjawab soal-soal yang ada. Abdur Rohman, S.Pd mengatakan jika siswa benar-benar memaksimalkan waktu untuk menemukan jawaban. “Kita sebagai pengawas ujian mempersilahkan siswa untuk membawa alat tulis (pensil dan kertas kosong) agar mereka dapat menghitung dan memecahkan soal yang disajikan” terang guru senior ini.

Baca Juga

MAPEL BAHASA INDONESIA & FIQIH DIUJIKAN DI HARI KEDUA

Muhammad Ro’uf, S.Pd yang ada di ruang siswi putri pun mengungkapkan hal yang sama, bahwa siswi putri mengerjakan soal tidak seperti hari sebelumnya yang dengan cepat mengerjakan soal-soal. “Anak-anak ini sepertinya kesulitan mengerjakan soal matematika, tidak seperti kemarin, hari ini mereka mengerjakan sampai jam ujian habis” ungkap Guru Bahasa Inggris.

Setelah matematika, mata pelajaran Al-Qur’an Hadist diujikan setelah siswa menjalani jeda istirahat. Dari pantauan pengawas, materi soal sudah berbasis literasi jadi membuat siswa harus fokus membaca agar dapat memahami soal. Zainuddin, S.Pd.I, M.Pd menyebut jika siswa lebih rileks dalam mengerjakan soal dibandingkan saat mengerjakan soal matematika. “Mereka tampak tidak tegang jika dibanding mengerjakan soal matematika. Meskipun demikian, mereka tetap dituntut agar fokus membaca karena soal kini berbasis literasi” jelas ustadz yang kini juga menjadi pendamping madrasah di Kanwil Kemenag Jember.

Secara keseluruhan UMBK hari ke-3 berjalan dengan baik dan tidak ada kendala secara teknis.

One Reply to “Jadwal Hari Ke-3 UMBK, Matematika & Al-Qur’an Hadist”

Leave a Reply

Your email address will not be published.