Hari Pertama UMBK, Siswa Ujian Mapel IPA & Akidah Akhlak

Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) yang dilaksanakan Senin (28/03/22) ini adalah kali pertama MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul menyelenggarakannya. Menurut jadwal, ujian dibagi menjadi tiga sesi dengan sesi pertama dimulai pukul 07.00 WIB. IPA dan Akidah Akhlak adalah dua mata pelajaran yang diujikan di hari pertama ini.

Menurut Waka Kesiswaan Zainul Arifin, S.H mewakili Waka Kurikulum yang sedang memulihkan diri setelah mengalami kecelakaan turut memantau ujian siswa putri, kendala untuk hari pertama lebih pada masalah teknis media laptop/komputer, misalnya error saat siswa sedang mengerjakan dan lain sebagainya. “Alhamdulillah ujian yang baru pertama kali ini kita laksanakan berjalan cukup baik, Ustadz Aris selaku Waka Sarpras sudah memprediksi dan meminimalisir hambatan yang mungkin saja terjadi” terang Zainul.

Baca Juga

START HARI INI, MTS. MIFTAHUL ULUM 2 GELAR UJIAN PRAKTIK KELAS IX

Di tempat ujian siswa putra, Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi yang mewakili kepala madrasah karena sedang mendampingi pengawas madrasah yang melakukan monitoring menyampaikan bahwa kendala di hari pertama di ruang ujian santri putra lebih banyak karena masalah jaringan yang tiba-tiba down. Hal ini mengakibatkan beberapa soal yang telah dikerjakan siswa gagal terindeks di server yang terpaksa mereka mengerjakan ulang. “Secara keseluruhan ujian di putra berjalan dengan baik, karena ujian ini berbasis komputer yang harus terkoneksi dengan internet maka kestabilan koneksi internet sangat dibutuhkan. Tadi ada sekitar tujuh siswa yang harus mengulang karena jawaban ternyata tidak terinput di server, hal lainnya adalah koneksi yang mendadak down” ungkap pria lulusan Fakultas Psikologi Unmer Malang ini.

Kabag TU Fathurrosi, S.H meminta maaf kepada para pengawas ujian terlebih kepada siswa, jika pelaksanaan ujian di hari pertama banyak kendala. “Kendala di sesi pertama tadi alhamdulillah dapat diselesaikan di saat pergantian/jeda antara sesi I dan sesi II. Saya secara pribadi dan mewakili civitas madrasah sangat berterima kasih kepada proktor MTs. Miftahul Ulum yang dengan sabar membantu kami” terang Fathur saat ditemui seusai ujian.

Sesuai dengan juknis UM yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, sebagai Madrasah yang belum terakreditasi, maka dalam penyelenggaraan Ujian Madrasah MTs. Miftahul Ulum 2 harus bergabung dengan madrasah yang sudah terakreditasi. Dalam hal ini MTs. Miftahul Ulum sebagai sekolah senior berkenan membimbing MTs. Miftahul Ulum 2 agar dapat mensukseskan UMBK kali ini.

One Reply to “Hari Pertama UMBK, Siswa Ujian Mapel IPA & Akidah Akhlak”

Leave a Reply

Your email address will not be published.