Hari Keempat Ujian Praktik IPS dan Prakarya : Usung Tema Ekonomi Kreatif

Ujian Praktik Kelas IX MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul memasuki hari keempat, Kamis (24/03/22). Di hari keempat ini, materi ujian praktik adalah gabungan dua mata pelajaran sekaligus yaitu IPS dan Prakarya. Dengan mengusung tema Ekonomi Kreatif ujian praktik lintas mapel tersebut menggunakan model Project Based Learning (PBL).

Baca Juga :

HARI KETIGA : UJIAN PRAKTIK MATEMATIKA MEMBUAT JARING-JARING BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai langkah awal pembelajaran, pembelajaran dilakukan secara sistematik untuk mengeksplor peserta didik dan mengikut sertakan peserta didik dalam proses pembelajaran dimana peserta didik dituntut untuk bisa kreatif dan bekerjasama, di akhir pembelajaran peserta didik dapat menghasilkan suatu produk sebagai hasil kegiatan pembelajaran.

Penggunaan strategi model PBL ini menurut Abdul Hamid, S.Pd dalam rangka untuk merangsang supaya siswa aktif, kreatif, inovatif dan mampu bekerjasama serta berkolaborasi dalam kegiatan pembalajaran.

“Ujian Praktik hari ini adalah kolaborasi antara Mapel IPS dan Prakarya. Para siswa dibagi beberapa kelompok untuk mengejarkan sebuah proyek yaitu membuat karya sederhana berupa pemanfaatan barang barang bekas untuk di manfaatkan sebagai barang yang bernilai ekonomi.” Ujar Pria yang akrab disapa ustadz Hamid ini

Abdul Gofur Arrozi, S.E selaku penguji kedua berharap ujian praktik ini dapat memupuk kerja sama antar siswa dalam merancang dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mengorganisasikan suatu kegiatan. Di samping itu, kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman nyata dalam belajar lewat praktik pembelajaran yang telah didapat.

Sengaja kami mengusung tema Ekonomi Kreatif karena di Era revolusi industri 4.0 menjadikan ekonomi kreatif menjadi salah satu isu strategis yang layak mendapatkan pengarusutamakan sebagai pilihan strategi memenangkan persaingan global, ditandai dengan terus dilakukannya inovasi dan kreativitas guna meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui kapitalisasi ide kreatif.

Penilaian hasil produk meliputi Kesesuaian dengan konsep, Ketepatan memilih bahan, Kreativitas, Ketepatan waktu pengumpulan tugas dan Kerapihan hasil.

Setelah menyelesaikan proyek dan hasil produknya masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil proyeknya dihadapan para penguji dan peserta didik lain. Di tahap akhir dari proses ujian praktik pra penguji memberikan refleksi terhadap aktivitas dari tugas proyek yang sudah dilakukan.

One Reply to “Hari Keempat Ujian Praktik IPS dan Prakarya : Usung Tema Ekonomi Kreatif”

Leave a Reply

Your email address will not be published.