Hari Kedua : Supervisi Administrasi Guru dan Tenaga Kependidikan

Supervisi administrasi guru dan tenaga kependidikan dilanjutkan pada hari kedua, Ahad (28/05/23). Di hari kedua ini Kepala Madrasah dibantu oleh para Waka juga menugaskan kepada guru senior untuk melakukan supervisi kepada guru-guru Yunior. Hal ini dikarenakan jumlah guru yang tidak sedikit.

Pelaksanaan supervisi administrasi guru terbagi dalam 2 kelompok, yakni guru senior disupervisi langsung oleh kepala madrasah dan guru-guru lainnya disupervisi oleh guru senior yang telah mendapatkan surat tugas dari kepala madrasah.

Baca Juga

HARI PERTAMA : SUPERVISI ADMINISTRASI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Secara bergantian, guru-guru menuju meja masing-masing supervisor untuk dichek kelengkapan dan ketepatan dalam mengisi buku administrasi guru yang terdiri dari buku kerja 1, 2, 3 dan 4.

Kepala Madrasah pun memberikan apresiasi kepada dewan guru yang telah menyiapkan dan melengkapi administrasi guru walaupun ada beberapa hal yang perlu dilengkapi. Anggota LPTQ Kabupaten Lumajang ini menambahkan secara umum administrasi guru sudah baik”

“Alhamdulillah kami memberikan apresiasi kepada seluruh dewan guru MTs. Miftahul Ulum 2. Setelah kita lakukan pengecekan selama dua hari ini, secara umum semua guru telah menyiapkan administrasi guru dengan baik mulai dari Silabus, Prota dan Promes serta RPP dan lain sebagainya. Walaupun ada beberapa item yang masih perlu dilengkapi” Terangnya 

Senada dengan kepala madrasah, Waka. Kurikulum, Husen, S.Pd.I selaku ketua pelaksana kegiatan supervisi mengatakan bahwa kekurangan hal tersebut sangatlah wajar dan dapat dimaklumi mengingat ada beberapa guru yang masih baru sehingga perlu adanya pembinaan dan pendampingan. “Insya Allah ke depan kita akan mengagendakan bimtek penyusunan Buku Kerja Guru bersama pengawas madrasah” Ujarnya

Hamzah Maulana Romadhona salah satu guru baru MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid yang juga disupervisi mengucapkan bersyukur dengan kegiatan ini. Menurutnya dengan supervisi ini dirinya banyak pengalaman dan ilmu dari guru-guru senior tentang tugas administrasi seorang guru. Lebih dari itu, Pelaksanaan supervisi administrasi guru menurut para guru senior sebagai upaya mendorong para guru untuk mewujudkan proses belajar efektif dan inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *