Focus Group Discussion (FGD) Oktober 2021

Rabu (27/10/21) Civitas MTs Miftahul Ulum 2 kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang kesepuluh sejak Januari 2021. Kegiatan yang biasa dilaksanakan tiap satu bulan sekali ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, guru dan staf tata usaha. Tampak juga hadir dalam acara tersebut Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik dan Kurikulum,  Amang Philips Dayeng Pasewang, S.Sos dan Waka-Waka yang lainnya seperti Waka bidang Humas, Danang Satrio Priyo5, S.Psi. beberapa bagian Tata Usaha hadir pula Abdul Wafi Hasan, SH dan Mahrus Sholeh,  SH.

Baca Juga

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) SEPTEMBER 2021 : GATHERING IDEA

Kepala Madrasah, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengawali pembukaan acara FGD dengan bacaan “Ummul Kitab” surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan kata-kata sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan supaya guru-guru MTs Miftahul Ulum 2 terus belajar dan mengasah diri lewat berbagai Diklat atau kegiatan pengembangan diri supaya bisa memberikan yang terbaik kepada anak didik dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), lebih lanjut beliau meminta kepada seluruh dewan guru untuk senantiasa melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang sudah dilaksanakan oleh guru karena guru sebagai sosok pendidik memiliki tanggung jawab yang besar tidak hanya sekedar mengajar tetapi juga mendidik. Dalam poin terakhir sambutannya beliau mengingatkan kepada semuanya bahwa MTs Miftahul Ulum 2 akan melaksanakan agenda besarnya yakni akreditasi pada tahun 2022 atau paling lambat tahun 2023

Sejalan dengan isi arahan dan sambutan Kepala Madrasah, Amang Philips Dayeng Pasewang, S.Sos selaku Waka Akademik dalam sambutannya menyampaikan ajakan kepada rekan-rekan sesama guru di MTs Miftahul Ulum 2 untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya sebagai guru dengan mengikuti berbagai macam pelatihan dan webinar-webinar kependidikan yang marak diadakan oleh berbagai instansi lebih khusus beliau menggarisbawahi mengenai urgensi keikusertaan guru dalam kegiatan pengembangan diri selain berguna untuk peningkatan kualitas guru juga berguna untuk pemenuhan dokumen akreditasi bagi lembaga pendidikan yang akan menggelar akreditasi seperti MTs Miftahul Ulum 2.

Pada intinya FGD kali ini membahas dua agenda penting antara lain mengenai pembentukan panitia Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil tahun pelajaran 2021-2022 dan pembentukan panitia Class Meeting. Dalam FGD tersebut penetapan telah disepakati dalam kesempatan tersebut susunan kepanitiaan PAS sebagai berikut : Husen, S.PdI sebagai Ketua panitia PAS, Abdul Hamid, S.Pd sebagai Sekretaris panitia PAS dan Abdul Rozaq, S.Sos sebagai editor soal. Untuk kegiatan Class Meeting telah terbentuk susunan kepanitiaan sebagai berikut : Muhammad Faisol Ali sebagai ketua panitia Class Meeting, Ismail, S.Pd sebagai sekretaris kemudian Abdul Wafi, SH, Mahrus, SH dan Soleh, S.Pd sebagai anggota.

Ikut dibahas juga dalam kesempatan  tersebut mengenai hari dan tanggal permulaan kegiatan Penilaian Akhir Semester, telah diputuskan bersama bahwasanya untuk PAS kali ini akan dimulai pada hari Senin tanggal 6 Desember 2021 dan berlangsung selama seminggu. Turut juga menyampaikan gagasan dalam forum FGD, Waka Humas MTs Miftahul Ulum 2, Danang Satrio, S.Psi yang memaparkan mengenai penggunaan Telegram sebagai  media komunikasi dikalangan guru MTs Miftahul Ulum 2 karena memiliki beberapa kelebihan tehnis dibandingkan dengan sosial media yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.