FGD September 2023 : Bangun Sinergi Kelembagaan dan Koordinasi PKKM 4 Tahunan dan PAS Ganjil


Kamis (14/09/23), Focus Group Discussion (FGD) edisi September 2023 oleh manajemen madrasah dimajukan jadwalnya di minggu kedua, karena adanya agenda Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Empat Tahunan seperti yang tertera pada surat edaran dari Kanwil Kemenag Kab. Lumajang bernomor B-2486 /Kk.13.05.2/PP.00.5/09/2023. Kendati belum diketahui jadwal pelaksanaannya, Kabag TU Mochamad Fathur Rosi, S.H mewakili manajemen madrasah menyampaikan bahwa penyusunan dokumen perlu segera dikerjakan, mengingat PKKM kali ini mencakup periode empat tahunan.

Baca Juga

FGD EDISI AGUSTUS 2023, EVALUASI TRIWULAN PERTAMA AWAL SEMESTER


Perlu diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 1627) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah salah satu poinnya menyebutkan: Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahunan pada madrasah yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat dilaksanakan oleh seorang Pengawas Pembina sebagai Ketua Tim dan seorang Pengawas Madrasah yang ditunjuk. Namun, meskipun demikian, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd mengharapkan tim penyusun dokumen dapat obyektif menilai kinerjanya sebagai pimpinan madrasah.


“Sesuai peraturan pemerintah, tim penilai berasal dari Kasie Pendma, pengawas pembina, seorang pengawas madrasah yang ditunjuk. Akan tetapi, saya mengharapkan rekan-rekan guru maupun tendik dapat memberikan penilaian objektif dan apa adanya selama saya memimpin di sini. Pandangan panjenengan semuanya adalah bekal saya untuk memperbaiki diri dan meningkatkan mutu kelembagaan”, ujar kepala madrasah dalam sambutannya.


Di forum FGD ini, manajemen dan tenaga kependidikan sepakat memilih Waka Kurikulum Husen, S.Pd.I sebagai ketua tim PKKM Empat Tahunan. Ustadz Husen mengatakan bahwa konsep dan format penyusunan dokumen masih sama seperti pada PKKM Satu Tahunan, yang membedakannya adalah data primer kini cakupan empat tahun ke belakang. Artinya, sejak madrasah ini didirikan hingga saat ini segala data harus dapat dipaparkan.


Setelah cukup lama pembahasan mengenai PKKM Empat Tahunan ini, agenda berlanjut pada pembahasan Penilaian Semester Ganjil bagi peserta didik. Forum menyepakati Muhammad Said Fadhori, S.Pd.I sebagai ketua pelaksanaannya. Tidak banyak hal yang dibahas pada sesi ini, karena Ustadz Said memohon izin mengagendakan di lain waktu untuk pembahasan secara mendalam.


Agenda pembahasan berikutnya, koordinasi rutin triwulan berkenaan dengan perawatan dan pemanfaatan sarana prasarana antara MTs. Miftahul Ulum 2 dengan pihak Yayasan Miftahul Ulum, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Lumajang, dan Pendidikan Madrasah Diniyah. Koordinasi ini juga kerap dilakukan dengan lembaga-lembaga di bawah naungan YMU yang tujuannya untuk menyamakan persepsi guna memberikan pelayanan kependidikan yang dari tahun ke tahun diharapkan menjadi semakin baik.


Ketua STAIM Lumajang, Mochammad Hesan, S.Psi., M.Sos, Badrul Munir, S.H perwakilan dari YMU, dan Muhammad Muhyi, S.Pd perwakilan dari Madin yang menghadiri FGD ini serta Waka Sarpras MTs. Miftahul Ulum 2 Aris Purnomo, S.Pd.I menyambut baik rencana pengadaan perangkat proyektor permanen untuk mengefisienkan proses pembelajaran. Seperti yang sudah terealisasi di gedung pembelajaran siswi putri, adanya proyektor mampu menumbuhkan minat belajar peserta didik, baik itu siswi maupun mahasiswi. Poin penting dalam pembahasan ini adalah tentang bagaimana lembaga dapat merawat dan memanfaatkan sarana prasarana secara bijaksana.

One Reply to “FGD September 2023 : Bangun Sinergi Kelembagaan dan Koordinasi PKKM 4 Tahunan dan PAS Ganjil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *