Diseminasi Internal, Pembuatan dan Pengembangan Blog Guru

Kamis (30/09/21), Karena adanya program vaksinasi siswa MTs. Miftahul Ulum 2 dan para santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bakid selama dua hari, serta berdasarkan arahan keputusan Yayasan, pihak madrasah terpaksa meliburkan siswanya namun tidak bagi para guru dan staf. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pihak madrasah dengan menugaskan salah satu gurunya, Akh. Farid, S.Kom untuk mendiseminasikan ilmu web developer yang telah didapatkannya setelah mengikuti pelatihan dari Kementerian Kominfo RI.

Baca juga :

GURU MTS. MIFTAHUL ULUM 2 IKUTI PELATIHAN THEMATIC ACADEMY KOMINFO DAN KEMENAG

Masukan dari Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd agar tiap guru wajib memiliki blog guru yang nantinya terkoneksi dengan website madrasah maka Farid mengajarkan pada poin tersebut ditambah dengan optimalisasi blog agar user friendly. Blog guru adalah salah satu bentuk aktualisasi di bidang literasi digital, sebuah ruang untuk berbagi khazanah pengetahuan. Tiap guru dengan segala kekhasan yang melekat namun tetap berada di jalur pedagogik diharapkan dapat istiqomah mengisi blog yang dibuat. “Kami ingin guru dan staf mengeksplorasi kemampuannya di ruang digital, mengasah kemampuan menulis dan menuangkan ide maupun opini secara bijak, meningkatkan kompetensi terutama di bidang literasi digital” ungkap Sahroni saat dihubungi di sela kesibukannya memantau jalannya vaksinasi.

Sementara itu, Akh. Farid, S.Kom yang menjadi narasumber deseminasi internal madrasah mengungkapkan kekagumannya kepada seluruh guru dan staf, pasalnya dengan kesibukan beberapa minggu terakhir masih saja menyempatkan diri untuk belajar. “Saya kagum dengan semangat belajarnya guru-staf yang ada di madrasah ini, kita tahu beberapa minggu ini kesibukan menguras waktu dan tenaga namun bukannya mereka istirahat malah menagih ilmu ke saya” terang Farid.

Baca juga :

400 CIVITAS MTS. MU 2 IKUTI VAKSINASI COVID-19 TAHAP II

Abdul Hamid, S.Pd salah satu guru Mata Pelajaran IPS mengatakan bersyukur dan senang dengan kegiatan pembuatan blog guru tersebut. Apalagi dalam kegiatan tersebut para guru juga dilatih untuk membuat tampilan blog seperti website yang berbayar, sehingga tampilannya tambah Bagus dan keren. Dirinya berharap semoga bisa istiqamah membulat tulisan di blog yang sudah dibuat. “Alhamdulillah hari ini ada tambahan ilmu dari rekan kita sendiri. Semoga bisa istiqamah menulis.”

Kegiatan yang berakhir pada jam 14.00 wib tersebut mendapatkan apresiasi dari kepala madrasah. Menurut anggota pengurus LPTQ Kabupaten Lumajang ini, kegiatan diseminasi internal ni merupakan salah satu bentuk wujud dari salah satu point MOTTO madrasah yaitu KOLABORATIF untuk mewujudkan SDM yang kompeten.

Leave a Reply

Your email address will not be published.