Beberapa Materi Berita Peserta Reportase Jurnalistik

Berikut ini kami tampilkan beberapa materi reportase jurnalistik yang ditampilkan dalam Class Meeting Semester Genap Tahun Pelajaran : 2020/2021 MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid yang dilaksanakan pada Senin, 27 Juni 2021 di Gedung Aula Putri Lantai 2.

Reportase I

Assalamualaikum.. Selamat siang, kami dari Bakid Multimedia akan memberitakan hasil reportase kami di Pembukaan Class Meeting Semester Genap 2020/2021.

Sabtu (26 Juni 2021) kemarin merupakan hari pertama kegiatan class meeting semester genap 2020/2021. Bertempat di Gedung Aula Putri, acara dimulai pada pukul 10.00 WIB (Waktu Indonesia Barat).

Seremonial dibuka dengan sambutan Ustadz Amang selaku Waka Kurikulum dan dihadiri oleh semua wali kelas baik putri maupun putra serta para staf tata usaha. Tak lupa siswi-siswi Mts. Miftahul Ulum 2 Bakid juga tampak memenuhi kursi yang sudah disediakan OSIM.

Diketahui bahwa yang menjadi panitia kegiatan, yaitu Ustadz Danang, Ustadz Rozaq, dan Ustadz Faisol. Kami mendapat informasi dari salahsatu panitia bahwa Ustadz Sahroni tidak dapat hadir dikarenakan masih sakit, sehingga pembukaan acara diwakilkan kepada Ustadz Amang.

Selain itu, kami juga mendapatkan informasi bahwa pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 26 sampai dengan 30 Juni 2021. Beberapa kategori perlombaan, yaitu:
Lomba Debat
Lomba Reportase Jurnalistik
Lomba Stand-Up Comedy
Lomba Kerajinan/Prakarya
Lomba Kebersihan Kelas

Demikian yang dapat kami laporkan, kami kembalikan kepada pembawa acara.

Baca Juga :

BAK PRESENTER TV, PESERTA REPORTASE JURNALISTIK UNJUK PERFORMA TERBAIKNYA

——–

Reportase II

Assalamualaikum.. Selamat siang, kami dari Bakid Multimedia akan memberitakan hasil reportase kami selama pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) di Mts. Miftahul Ulum 2 Bakid.

Penilaian akhir tahun merupakan serangkaian ujian untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman siswa selama ini. Menurut keterangan dari Ustadz Wafi, PAT serentak dilakukan baik itu untuk siswa putra maupun siswi putri.

Selama PAT berlangsung, dari hasil pengamatan kami dapat disimpulkan kegiatan ini berjalan dengan baik tanpa kendala berarti, hanya ruang kelas yang panas karena saat itu belum dilengkapi kipas angin – hal itu dikarenakan gedung tempat kelas putri berada selesai direnovasi.

Terkait tingkat kesulitan soal, Nafis salahsatu siswi menyebut bahwa soal-soal hampir semua mapel lebih sulit jika dibandingkan soal ujian tengah semester sebelumnya. Menurut wali kelas 8-E Ustadz Fathurahman, bahwasanya soal kali ini memang menggunakan pendekatan yang berbeda yaitu menuntut siswa tidak hanya hafal dengan materi namun juga menuntut siswa mampu bernalar kritis untuk memecahkan masalah.

Demikian yang dapat kami laporkan, kami kembalikan kepada pembawa acara.

——–

Reportase III

Assalamualaikum.. Selamat siang, kami dari Bakid Multimedia akan memberitakan hasil reportase kami tentang kebersihan kelas 7F Mts. Miftahul Ulum 2 Bakid.

Kelas 7F berada diantara di lantai dua gedung kelas putri, diapit antara kelas 7E dan kelas 8 seringkali di depan kelas tampak sampah berserakan.

Sampah-sampah ini terutama berasal dari bungkus makanan, walaupun sudah disediakan tempat sampah di pojok-pojok kelas namun masih saja ada sampah berserakan.

Sementara di dalam kelas, organisasi kelas sudah menetapkan beberapa aturan kelas tentang menjaga kebersihan dan mengatur jadwal piket kebersihan secara bergiliran.

Wali kelas kami berpesan bahwa menjaga kebersihan kelas setiap waktu merupakan bukti kekompakan dan kebersamaan semua siswa.

Demikian yang dapat kami laporkan, kami kembalikan kepada pembawa acara.

Baca Juga :

HARI KETIGA CLASS MEETING : LOMBA REPORTASE JURNALISTIK

——–

Reportase IV

Assalamualaikum.. Selamat siang, kami dari Bakid Multimedia akan memberitakan hasil reportase kami tentang partisipasi kelas 7F dalam lomba Kerajinan/Prakarya sebagai rangkaian kegiatan class meeting semester genap 2020/2021.

Menurut pamflet yang diedarkan tiap kelas beberapa waktu lalu diketahui salahsatu lomba yaitu tentang kerajinan/prakarya. Dari hasil beberapa siswi yang menanyakan terkait hal tersebut kepada panitia lomba didapatkan informasi, bahwa:
Bahan baku harus berasal dari sampah/limbah,
Setiap kelas minimal menyetorkan 1 hasil karya, namun semakin banyak karya yang dihasilkan semakin baik dalam hal kekompakan.
Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi dengan lingkungan sekitar, dalam hal ini daur ulang sampah menjadi hal yang bernilai manfaat.

Dari hasil pantauan kami di kelas 7F, mereka kemudian membentuk kelompok-kelompok kecil untuk berbagi tugas. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 sampai 5 siswi agar memudahkan berkoordinasi dan yang penting menyelesaikan beberapa karya dalam waktu yang singkat.

Di lain waktu kami mencoba mencari informasi tentang kapan batas akhir pengumpulan, jawaban yang kami dapat yaitu pengumpulan di hari terakhir class meeting sekaligus penilaian dan penutupan kegiatan.

Demikian yang dapat kami laporkan, kami kembalikan kepada pembawa acara.

——–

Masih banyak materi yang ditampilkan di kategori lomba reportase jurnalistik siang tadi yang tidak dapat ditampilkan semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *