Tanamkan Cinta Tanah Air dengan Wawasan Kebangsaan (Materi MATSAMA Hari Ke-3)

Pelaksanaan MATSAMA hari ketiga Senin (12/07/21) berjalan dengan lancar dan sukses. Sesuai dengan schedule dan agenda yang telah ditetapkan, materi MATSAMA di hari ketiga adalah Wawasan Kebangsaan. Menurut penuturan kepala madrasah, materi Wawasan Kebangsaan saat ini menjadi sangat penting mengingat perkembangan yang terjadi di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini terdapat fenomena yang cukup memprihatinkan, baik disadari atau tidak fenomena tersebut telah menjadi sebuah ancaman serius bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Hadir sebagai narasumber Wawasan Kebangsaan salah dosen Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum (STISMU) Lumajang, Imam Bayhaki, S.Pd.I., M.H.

Penyampaian materi dilaksanakan secara live streaming di channel youtube resmi MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid.

Dalam paparannya, salah satu anggota Komite MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI.

Megister Hukum Pascasarjana Universitas Negeri Jember tersebut menambahkan bahwa wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan

“NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju.” pungkas Sarjana UIN Maliki Malang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *