Tahun Baru 2021, MTs. Miftahul Ulum 2 Launching Mading Madrasah “RUANG RASA”

Semua peserta didik secara fitrah memiliki potensi untuk menulis. Hanya saja potensi tersebut belum terasah karena tidak ada upaya untuk meningkatkan keterampilan mereka serta tidak ada media sebagai tempat untuk menyalurkan ide-ide, gagasan dan kreativitasnya.

Itulah yang sering disampaikan oleh Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd dalam setiap obrolan ringan dengan semua dewan guru khususnya pada saat rapat kerja persiapan menghadapi semester genap tahun pelajaran 2020/2021 kemarin.

Tepat 1 Januari 2021, MTs. Miftahul Ulum 2 resmi melakukan launching Mading yang diberi nama RUANG RASA. Penamaan ini bukan tanpa makna dan arti jelas. Ruang Rasa adalah ruang dimana seluruh warga madrasah khususnya peserta didik bisa menuangkan segala apa yang ingin ingin disampaikan berupa literasi. Rasa bukan sekadar di lidah. Rasa juga bisa di hati. Rasa bisa juga diartikan kritis

Tidak seperti mading pada umumnya yang hanya model tempel. Ruang Rasa didesain dengan semenarik mungkin seperti model koran. Hal ini dimaksudkan agar para siswa tertarik untuk membaca mading. Di samping itu, para siswa diharapkan termotivasi untuk menulis sehingga tulisannya bisa diterbitkan di Mading.

Salah satu anggota tim redaksi sekaligus tim desain/lay out berharap mading ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai media pembelajaran bagi siswa untuk mengembangkan ketrampilan menulis. Minat dan kegemaran menulis bisa dimulai dan dikembangkan melalui mading. Terapi juga sebagai berfungsi sebagai sarana komunikasi antar siswa dengan siswa, siswa dengan guru tetapi juga siswa dengan pengelola madrasah.

“Untul awal Ruang Rasa kita rencanakan terbit 1 bulan sekali. Jika sudah istiqamah, akan ditingkatkan per setengah bulan bahkan bisa setiap pekan.” Ucap Danang Satrio Ketua Tim Pengembangan Literasi Madrasah.

Sementara itu kepala MTs. Miftahul Ulum2 berharap mading ini akan menjadi langkah awal dan rintisan untuk membudayakan literasi di lingkungan madrasah. Pihaknya juga berharap jika budaya literasi ini sudah istiqamah dan ajeg, Mading ini bisa ditingkatkan menjadi Majalah dan Buletin yang ber-ISSN.

“Kita berharap, Mading Ruang Rasa ini tidak hanya sekedar mading. Semoga ke depan bisa ditingkatkan menjadi buletin atau majalah yang ber-ISSN.” Ucap Sahroni, Selaku Penanggung Jawab Mading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *