MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang memulai kegiatan supervisi pembelajaran semester Genap Tahun Pelajaran: 2024/2025. Hari ini Rabu (22/01/25) kegiatan supervisi dilaksanakan di kelas VIII dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Bertindak sebagai supervisor adalah Kepala Madrasah, H. Ahmad Fauzi, S.Pd.I. Menurutnya، kegiatan supervisi ini sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran kelas dan evaluasi terhadap kualitas tenaga pendidikan di madrasah.
Kegiatan supervisi ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Adapun materi yang disampaikan adalah Mengulas Karya Fiksi yang diajarkan oleh Aris Purnomo, S.Pd., salah satu guru Bahasa Indonesia sekaligus Waka Sarpras MTs Miftahul Ulum 2. Pada awal pembelajaran, Aris Purnomo memanfaatkan proyektor untuk memaparkan materi secara visual, yang berisi contoh karya fiksi serta langkah-langkah dalam menyusun ulasan. Pemanfaatan media ini mendapat respon positif dari siswa, yang terlihat antusias dan mudah memahami konsep yang disampaikan. Pembelajaran juga diawali dengan apersepsi berupa diskusi ringan tentang karya fiksi yang familiar bagi siswa, seperti cerita rakyat dan novel populer.
Baca Juga
Selama pembelajaran, metode diskusi kelompok digunakan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa. Siswa diminta menganalisis salah satu karya fiksi pendek yang disajikan melalui tayangan visual dan menyusun ulasan berdasarkan unsur-unsur seperti alur cerita, tokoh, latar, dan pesan moral. Hasil diskusi kelompok kemudian dipresentasikan di depan kelas, yang memupuk rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi siswa.
H. Ahmad Fauzi, S.Pd.I., selaku kepala madrasah dan supervisor, menyampaikan apresiasi atas penggunaan proyektor sebagai media pembelajaran yang mendukung penyampaian materi. “Penggunaan media visual seperti proyektor sangat membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih mudah. Langkah ini sudah sangat baik, tinggal ditingkatkan lagi dengan pemanfaatan teknologi lain yang relevan,” ujar beliau.
Selain itu, H. Ahmad Fauzi juga memberikan masukan agar pembelajaran lebih variatif, seperti melibatkan siswa dalam simulasi atau permainan edukatif yang berhubungan dengan ulasan karya fiksi. Ia juga mendorong guru untuk memberikan tugas proyek individu atau kelompok sebagai tindak lanjut pembelajaran.
Aris Purnomo mengungkapkan rasa syukurnya atas supervisi yang dilakukan. “Masukan dari Bapak Kepala Madrasah sangat berarti untuk saya. Saya akan terus belajar dan mencoba inovasi baru agar pembelajaran semakin menarik dan bermakna bagi siswa,” ucapnya.
Kegiatan supervisi ini diakhiri dengan sesi refleksi bersama dan penyusunan rencana tindak lanjut untuk pembelajaran ke depan. Semangat kolaboratif antara guru dan pimpinan madrasah diharapkan terus meningkatkan mutu pendidikan di MTs Miftahul Ulum 2.