Sumber Daya Manusia Yang Profesional Dan Proporsional (Memperingati Hari Pramuka 2023)

Oleh: Muhammad Ismail, S.Pd *)

Gerakan Pramuka di Tahun 2023 telah berusia 62 tahun. “Sumber Daya Manusia Yang Profesional Dan Proporsional” merupakan tema yang diangkat guna mendayagunakan satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia untuk pengabdian masyarakat.

Dilansir dari laman web Pramuka.id, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso mengajak pimpinan-pimpinan daerah untuk turut aktif memperkuat kepanduan ini, baik kuantitas maupun kualitasnya. Menurutnya, lembaga apapun dengan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional akan dapat mewujudkan visi-misinya. Pada Gerakan Pramuka, tujuan yang hendak dicapai yaitu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

Kak Buwas (sapaan Kwarnas Pramuka) memaparkan bahwa untuk memiliki sumber daya manusia yang profesional dan proporsional perlu diberikan pendidikan yang sifatnya teoritis dan aplikatif serta keilmuan tersebut mestilah harus sejalan dengan teknologi dan perkembangan zaman. Pramuka tidak lagi sekedar dapat survive di alam belantara beratap langit beralaskan bumi, tetapi setiap anggota Pramuka dituntut untuk berperan di dunia teknologi.

Kepanduan Pramuka pada tahun ini diharapkan menjadi figur teladan kebangsaan yang menjunjung nilai-nilai kebhinekaan dengan landasan ilmu pengetahuan dan gotong-royong. Dari kepanduan ini pula, semoga saja akan banyak melahirkan calon-calon negarawan seperti yang pernah tertulis dalam sejarah di awal kemerdekaan.

Selamat Hari Pramuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *