Studi Kewirausahaan, Eksmud Belajar Kepada Pujasera Semarak Rojel

umat (01/09/2021) merupakan hari libur pembelajaran di madrasah, hal itu kemudian dimanfaatkan beberapa staf tata usaha untuk melakukan studi banding tentang pengembangan kewirausahaan utamanya untuk kemajuan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid sekaligus bagian dari Program Eksmud (Ekonomi Sinergi Mts. Miftahul Ulum 2) . Karena pengembangan kewirausahaan madrasah disusun salahsatunya bertujuan agar dapat memberi kesempatan kepada civitas madrasah untuk mengembangkan nilai-nilai kemandirian, jiwa kepemimpinan, orientasi pada tindakan, jujur – amanah, bertanggungjawab, kreatif – inovatif, pekerja keras – pantang menyerah, berwawasan luas, percaya diri, inovatif, komunikatif, solutif, memiliki komitmen kuat, disiplin, berani mengambil peluang dan resiko di lingkungan madrasah.

Baca juga :

MEMBANGUN ENERGI EKSMUD | HARI UMKM NASIONAL 2021

Dalam kesempatan study kewirausahaan ini, rombongan staf tampak Kabag TU Fathurrozi, S.H dan Bendahara Kawakib Nurul, S.H meminta petunjuk kepada Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi di mana lokasi belajar berwirausaha yang sesuai di sekitaran Kota Lumajang. Abdul Wafi, S.H dan Makhrus dua orang staf juga kebetulan berada di seputaran Kota Lumajang dalam rangka mewakili MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid menerima trofi Kejuaraan MTQ Tingkat Kabupaten Lumajang JQH NU Lumajang pun ikut menimba ilmu bincang-bincang dengan pemilik lahan dari Pujasera Semarak Rojel.

“Sesuai dengan wejangan dari bapak kepala madrasah bahwa madrasah harus dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan, kita para staf ini diminta tiap Hari Jumat untuk belajar tentang kewirausahaan dalam arti luas. Oleh karenanya saat ini kami berada di Pujasera Semarak Rojel atas petunjuk dari bapak waka humas”, ungkap Fathurrozi yang juga menjabat sebagai Ketua LKSA Miftahul Ulum

Keempatnya ditemani oleh Waka Humas Danang Satrio P, S.Psi bersama-sama bertukar pengetahuan dan menganalisa terkait resource sebelum merencanakan pengembangan kewirausahaan seperti apa yang akan diwujudkan. Tanpa diduga, Kepala Madrasah Sahroni, S.Pd.I, M.Pd ternyata memiliki agenda di Lumajang Kota, yaitu Pembinaan Peserta MTQ Tingkat Prov.Jatim 2021 Kafilah Lumajang, disela-sela waktu istirahatnya kemudian menyempatkan bergabung menikmati sajian Semarak Rojel.

Setelah berbincang analisa bisnis cukup lama, Pak Anto mewakili Paguyuban Semarak Rojel meminta izin untuk menyalurkan sedekah kepada santri PP. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul melalui MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid setiap pekan berupa nasi lengkap dengan lauknya sejumlah 100-400 bungkus, InsyaAllah. “Paguyuban kami ini ada namanya Sedekah Jum’at sebagai hasil dari donasi pedagang-pedagang yang ada di Semarak Rojel. InsyaAllah dengan kedatangan ustadz-ustadz ini dapat membantu kami untuk menyalurkannya kepada para santri yang ada di Pesantren Miftahul Ulum, semoga tiap apa yang kami upayakan bernilai ibadah dan mendapat keberkahan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.