Start hari ini, Tiga Guru MTs. Miftahul Ulum 2 Ikuti PJJ BDK Surabaya

Mulai hari ini, Senin (12/07/21) Tiga guru MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul yang lolos seleksi administrasi mengikuti Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya. Pelatihan ini akan berlangsung selama dua minggu hingga tanggal 26 Juli 2021.

Ketiga guru tersebut adalah Muhammad Rouf, S.Pd (Guru Bahasa Inggris), Amang Phillip Dayeng Pasewang, Sos dan Abdul Hamid, S.Pd (Guru Mapel IPS).

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan akan terus mendorong para gurunya untuk terus meng-update kompetensinya walaupun di tengah wabah covid-19.

“Wabah covid-19 yang hingga saat ini semakin mengalami lonjakan bukanlah suatu alasan bagi guru untuk berhenti megupdate kompetensi diri. Karena itu, ketika ada info pendaftaran PJJ oleh BDK kita mengintruksikan kepada guru mapel yang ada kuotanya agar ikut seleksi. Alhamdulillah MTs. MU 2 BAKID ngirim peserta terbanyak se Lumajang.” ujarnya

Pelatihan bepola 60 JP ini  memanfaatkan portal PJJ BDK Surabaya dengan alamat https://pjj.bdksurabaya-kemenag.id. Sedangkan proses pembelajarannya menggunakan media zoom, chatting, diskusi, dan penugasan terhadap peserta.

Di hari pertama tersebut, kegiatan pelatihan dibuka dengan pengantar Diklat, pengenalan profil Diklat, Pengenalan aturan dan tata tertib PJJ, pengenalan Learning Management System (LMS) PJJ. Kemudian dilanjutkan dengan Pre test, materi Building Learning Commitment dan Building Learning Commitment (Belajar Mandiri & Mengerjakan Tugas) serta Building Learning Commitment (Batas Pengumpulan Tugas) yang dipandu langsung oleh Dr. Ani Nurhidayati, M.Pd. selaku narasumber

Sebagai salah satu peserta PJJ Muhammad Rouf, S.Pd menyampaikan bersyukur bisa mengikuti pelatihan tersebut. Dia berharap akan banyak ilmu yang ia dapatkan nanti.

Hal senada  juga disampaikan Abdul Hamid, S.Pd. Guru IPS ini berharap bisa maksimal mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Menurutnya kalau melihat jadwal, hampir tiap hari ada materi dan tugas dari semua narasumber..

Amang Philip Dayeng Pasewang, S.Sos Waka. Kurikulum dan Akademik yang juga terjaring dalam PJJ tersebut menyampaikan harapannya semoga pelatihan ini menjadi wasilah untuk meningkatkan kualitas guru, kualitas siswa dan mutu madrasah sebagaimana harapan kepala madrasah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *