Oleh : H. Ahmad Fauzi, S.Pd.I *)
Enam tahun bukanlah waktu yang panjang dalam perjalanan sebuah lembaga pendidikan, tetapi cukup untuk menorehkan langkah-langkah awal yang menentukan arah masa depan. MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Kini telah genap berusia enam tahun—usia muda yang harus tetap penuh semangat, potensi, dan harapan.
Di momen harlah ke-6 ini, pantaslah kita merenung dan merefleksikan, sejauh mana langkah telah ditempuh, dan ke mana arah akan dituju. Tema “Sinergi Mewujudkan Madrasah Maju, Bermutu, dan Mendunia” bukan sekadar jargon, melainkan visi bersama yang menuntut kerja nyata dari semua elemen.
Sinergi: Kekuatan dari Kebersamaan
Sinergi adalah kunci utama kemajuan. Madrasah tidak bisa berkembang hanya dengan mengandalkan satu pihak. Kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, komite madrasah, wali murid, yayasan, hingga masyarakat sekitar harus saling bergandengan tangan. Ketika komunikasi dan kolaborasi berjalan selaras, maka potensi yang tersembunyi akan muncul dan kekuatan bersama akan melahirkan inovasi. Sinergi ini pula yang telah menjadi fondasi kuat MTs Miftahul Ulum 2 hingga bisa berkembang dalam berbagai aspek—baik akademik, spiritual, maupun kultural.
Maju: Bergerak dengan Visi dan Aksi
Menjadi madrasah yang maju berarti bergerak dengan visi yang jelas dan aksi yang terukur. Dalam usianya yang masih muda, MTs Miftahul Ulum 2 telah menunjukkan kemajuan yang signifikan. Peningkatan fasilitas, pengembangan kurikulum, dan berbagai prestasi siswa di tingkat kecamatan hingga kabupaten adalah bukti bahwa madrasah ini tidak berjalan di tempat. Namun kemajuan tidak boleh membuat terlena. Justru, dengan fondasi yang telah terbentuk, langkah selanjutnya harus lebih strategis dan adaptif terhadap perkembangan zaman, termasuk transformasi digital dan tantangan globalisasi.
Baca Juga
Tasyakuran Harlah Ke-6 MTs Miftahul Ulum 2: Refleksi, Doa, dan Kebersamaan
Bermutu: Pendidikan dengan Nilai dan Kualitas
Mutu madrasah bukan hanya dilihat dari nilai ujian atau ranking semata, tetapi juga dari karakter, akhlak, dan keterampilan hidup peserta didik. Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang. MTs Miftahul Ulum 2 telah berupaya menjaga kualitas melalui pembinaan guru, peningkatan standar pembelajaran, serta program-program unggulan seperti pidato tiga bahasa, literasi, dan seni keagamaan. Ke depan, tantangan mutu akan semakin kompleks, dan oleh karena itu diperlukan komitmen yang terus diperkuat untuk menjaga bahkan meningkatkan standar mutu madrasah.
Mendunia: Mimpi Besar yang Dimulai dari Desa
Apakah madrasah desa bisa mendunia? Jawabannya: sangat bisa. Dengan keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi, tidak ada lagi sekat antara kota dan desa. Madrasah di pelosok pun bisa unjuk gigi di kancah nasional bahkan internasional, asalkan memiliki mimpi besar dan strategi yang tepat. MTs Miftahul Ulum 2 telah mulai menapaki jalan ini dengan mengikuti lomba tingkat provinsi, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, dan membuka wawasan global kepada peserta didik. Menjadi madrasah mendunia bukan berarti harus meninggalkan akar lokal, justru dari kekhasan lokal inilah nilai-nilai universal dapat ditampilkan.
Roadmap Lembaga Pendidikan
Di tengah cepatnya perubahan dunia pendidikan, MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul tidak cukup hanya berjalan mengikuti arus. Madrasah yang kita cintai harus memiliki arah, tujuan, dan langkah-langkah yang jelas. Dalam konteks inilah, roadmap lembaga pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting.
Sering kali kita melihat lembaga pendidikan yang penuh dengan kegiatan, program, bahkan inovasi, namun tidak menghasilkan dampak signifikan terhadap mutu layanan pendidikan. Hal ini bisa terjadi karena tidak adanya arah yang jelas. Roadmap berperan penting untuk mencegah hal tersebut. Ia memastikan bahwa setiap program yang dilaksanakan selaras dengan visi lembaga, tidak sekadar “rame di awal”, tapi benar-benar memberi kontribusi nyata terhadap tujuan besar pendidikan.
Keberadaan roadmap juga menjadi penting dalam menjawab tantangan regenerasi. Dalam dunia pendidikan, pergantian kepala madrasah atau pengurus adalah hal yang wajar dalam lembaga pendidikan atau organisasi apapun. Tanpa roadmap, pergantian ini sering kali membuat arah kebijakan berubah total, bahkan program-program yang sudah baik bisa terputus. Namun, dengan adanya roadmap yang disusun bersama, siapapun pemimpinnya tetap memiliki pegangan untuk melanjutkan atau mengembangkan program
Terus Melangkah dalam Keberkahan
Refleksi harlah bukan hanya ajang perayaan, tapi juga titik evaluasi dan penyusunan rencana strategis ke depan. Enam tahun telah berlalu, dan masih panjang jalan ke depan yang harus dilalui. Dengan sinergi yang kuat, komitmen pada mutu, semangat untuk maju, dan visi global, MTs Miftahul Ulum 2 akan terus melangkah sebagai madrasah yang membanggakan, tidak hanya bagi warga Banyuputih Kidul, tetapi juga bagi dunia pendidikan Indonesia secara lebih luas.
Mari terus bersinergi, demi terwujudnya madrasah yang benar-benar maju, bermutu, dan mendunia.
*) Kepala MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul