Semangat Hari Santri di Masa Liburan

Oleh : Viera Faizatul Maulidia *)

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional sebagai bentuk pengingat akan seruan resulusi jihad yang terjadi pada 22 oktober 1945. Resolusi jihad mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan penjajah.

Biasanya setiap pondok pesantren akan merayakan hari santri ini dengan penuh semangat. Berbagai tradisi santri dilombakan untuk memeriahkan hari santri ini. Termasuk di Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Namun untuk saat ini santri Banyuputih Kidul tidak bisa memperingati hari santri dengan bersama sama. Hal ini karena hari santri tahun 2021 bertepatan dengan liburan maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca juga :

MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI (MEMPERINGATI HARI SANTRI 2021)

Meski begitu, santri Banyuputih Kidul tetap semangat memperingatinya dengan cara berkreasi dari rumah. Dari santri untuk negeri dengan mengabdi sepenuh hati, menjadi identitas nusantara. Bersama santri damailah hati. Bersama santri damailah negeri. Bersama santri indonesia sejahtera.

Santri bukan hanya sebuah kata, yang berakar nurani, Namun ia sebagai ribuan kalimat yang mencatat kisah darah dan nyawa saat merebut kemerdekaan.

Di pesantren kita diajari tatakrama, bukan hanya ilmu. Kami santri tidak tahu apa itu individualis karena kami diajarkan hidup bersama dengan agamis.

Mari teguhkan semangat keislaman dan keindonesiaan, demi menegakkan NKRI.
Menjadi santri adalah upaya menjadi manusia sejati dan meneladani nabi Muhammad SAW.
SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 2021.

*) Ketua kelas IX E dan anggota OSIM MTs. Mifthaul Ulum 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.