Selamat Menyambut Bulan Kemerdekaan

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) telah mengumumkan Logo 17 Agustus 2022, didapati Tema Besar Peringatan 77 Tahun Republik Indonesia “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 12 Juli 2022.

Surat edaran yang memuat Tema, Logo dan ajakan partisipasi seluruh rakyat Indonesia untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut resmi secara sah menjadi pedoman perayaan HUT RI ke-77.

Hal penting yang melatarbelakangi pemilihan tema “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” yaitu adanya peristiwa yang bangsa ini alami selama kurang lebih dua tahun. Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Ketakutan dan kecemasan kesehatan-sosial hingga tekanan berat di sisi ekonomi sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Namun, selayaknya di medio 1945, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan untuk terus melangsungkan hidup. Segenap asa diberdayakan untuk bangkit kembali dan melesat melampaui sebelum adanya pandemi.

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika tetap mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada. Semangat juang pahlawan yang ikhlas mempertaruhkan jiwa raganya senantiasa mengilhami gerakan-gerakan perubahan untuk menuju suatu keadaan yang lebih baik dan ideal tidak hanya saat ini tetapi untuk generasi di masa mendatang.

Bulan Kemerdekaan diperingati setiap tahun di Bulan Agustus ini kembali kita ikrarkan niat untuk membangun Bangsa dan Negara Indonesia. Walaupun tak memiliki jabatan bukan berarti kita tak memiliki peran, seluruh elemen bangsa dapat berperan dengan berpikir, bersikap, dan bertindak secara otentik dan merdeka. Peran menjadi manusia Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila merupakan peran utama yang dapat dilakoni dan itu satu-satunya tujuan untuk berbangsa dan bernegara.

Selamat menyambut Bulan Kemerdekaan, selamat bersuka cita merayakan kemerdekaan. Semoga kehidupan merdeka ini kekal abadi. Jayalah negeriku, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Humas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid

Leave a Reply

Your email address will not be published.