Pertemuan Triwulan : KKMTs Wilayah II Sosialisasikan Jadwal Ujian Madrasah TP. 2020/2021

Senin (22/02/21) Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) wilayah II, untuk pertama kalinya menggelar Pertemuan Triwulan di Tahun 2021. Pertemuan rutin yang meliputi wilayah kecamatan Jatiroto, Kedungjajang dan Randuagung dilaksanakan di MTs. Miftahul Ulum Jabatan Kalipenggung Randuagung Lumajang.

Berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya yang membahas isu-isu perkembangan madrasah, pertemuan yang dihadiri oleh semua kepala madrasah kali ini fokus membahas dan sosialisasi jadwal pelaksanaan Ujian Madrasah tahun pelajaran 2020/2021. Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa Kemdikbud tahun ini telah meniadakan Ujian Nasional. Pun juga Kementrian Agama sudah mengeluarkan SK Dirjen tentang Juknis Kelulusan dan Kenaikan Kelas, Penyelenggaraan Ujian Madrasah,  serta Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun 2021.

Berdasarkan edaran yang dibagikan kepada semua peserta rapat yang hadir, bahwa Ujian Madrasah untuk Kelas 9, akan dilaksanakan mulai tanggal 19-27 Maret 2021. Sedangkan ujian susulan akan digelar pada 29 Maret 2021 sampai 3 April 2021.

Ketua KKMTs Wilayah II, Gunawan, M.Pd menjelaskan walaupun pelaksanaan UM dipasrahkan ke masing-masing satuan lembaga pendidikan yakni madrasah baik berbasis CBT atau kertas pensil, tapi berdasarkan hasil kesepakatan rapat pengurus KKMTs Kabupaten Lumajang dengan Sie. Pendma Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Kementerian Agama Lumajang sepakat akan menggelar Ujian Madrasah Tahun berbasis Komputer (UMBK).

UMBK untuk kelas 9 tersebut akan didahului dengan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang digelar pada 2-6 Maret 2021. Disusul kemudian dengan ujian praktik pada tanggal 13-17 Maret 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *