Peringati Hari Lahir Ke-3 : MTs. Miftahul Ulum 2 Gelar Khatmil Qur’an dan Istighatsah

29 Mei merupakan hari bersejarah bagi MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, tanggal ini merupakan penanda lahirnya madrasah tsanawiyah kedua di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul.

Di tahun ini, madrasah yang kini berumur tiga tahun menggelar syukuran hari lahir (harlah) sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, apresiasi kepada semua pihak yang turut membantu tumbuh dan berkembang, dan refleksi tujuan pendirian lembaga pendidikan ini. Dalam sambutannya, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd selaku saksi sejarah dan anggota tim penyusun pembentukan lembaga baru mengutarakan bahwa dibentuknya lembaga baru guna menampung membludaknya santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul dan MTs. Miftahul Ulum secara aturan yang ditetapkan pemerintah tidak diperkenankan madrasah memiliki lebih dari 1.100 siswa, hal inilah yang menjadi dasar dibentuknya MTs. Miftahul Ulum 2.

Baca Juga

HALAL BIHALAL CIVITAS MTS. MIFTAHUL ULUM 2 IDUL FITRI 1443 H

Pria yang kemudian diamanatkan untuk menjadi nahkoda ini meminta bantuan tidak hanya kepada anggotanya (dewan guru dan staf) namun juga kepada seluruh siswa untuk selalu menjaga nama baik madrasah dan pesantren, serta memohon saran-kritik demi kemajuan lembaga. “Secara pribadi saya meminta kepada semuanya yang hadir di sini untuk selalu menjaga nama baik madrasah dan pesantren. Saya juga mohon bantuannya terutama saran dan kritik demi memajukan madrasah dan demi hasil terbaik dari penilaian akreditasi yang dipastikan akan dilaksanakan tahun ini, mari bersama kita mencerdaskan kehidupan berbangsa seperti yang diamanatkan undang-undang dasar negara dan menyampaikan risalah Rasulullah” pungkasnya.

Setelah sambutan dari kepala madrasah, rundown acara dilanjutkan dengan pembacaan ummul kitab yang dipandu oleh Abdul Rozaq, S.Sos lantunan ayat suci Al-Quran menyejukkan suasana siang itu. Siswa Kelas IX yang turut hadir tampak muram dan sebagian lainnya menitikkan air mata, mereka di tahun ini harus berpisah dengan guru-gurunya maupun adik-adiknya untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat berikutnya, dan bagi mereka kegiatan ini merupakan kegiatan terakhirnya berkumpul bersama seluruh civitas madrasah.

Acara Harlah ke-3 yang dipandu Aris Purnomo, S.Pd kemudian mempersilahkan siswa Kelas IX untuk melantunkan gema wahyu Ilahi dan qiro’at didampingi Miftahuna (Grup Al Banjari MTs. Miftahul Ulum 2) yang khusus personilnya dari Kelas IX sebagai bentuk apresiasi mewakili angkatan pertama madrasah yang banyak menorehkan prestasi dari tingkat lokal hingga nasional. Lantunan syair mabruk alfa mabruk menggema seisi gedung mencampur rasa haru dan bahagia bagi mereka yang hadir.

Menuju penghujung acara, Sholawat Bil Maqom dibawakan oleh Amir Maksum, S.H merefleksikan niat dan tanggung jawab moral bagi pendidik dan pelayan pendidikan untuk senantiasa iklas dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Yang dari hal tersebut sekaligus peta langkah setahun kedepan Harlah ke-3 ini mengangkat tema “Mengintegrasikan Potensi Dan Inovasi Mewujudkan Madrasah Berprestasi”.

Sebelum menutup doa, Husen, S.Pd mewakili semua dewan guru dan staf memohon bantuan keikhlasan doa dari seluruh siswa agar madrasah ini berkembang ke arah lebih baik dalam segala hal yang dibutuhkan di dunia pendidikan dan dalam penilaian akreditasi mendapatkan predikat unggul.

Selamat Hari Lahir MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Ke-3, semoga makin banyak pengembangan inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.